Explore Jogja Kuliner

5 KULINER JOGJA INI BIKIN LO MAKIN JATUH CINTA DENGAN JOGJAKARTA!

tugu yogtakarta
Spread the love
tugu yogtakarta
Pic by @tooheer

Bahagialah kamu yang menemukan artikel ini disaat kelaparan melanda dan sedang berada di jogja dan maafkan buat kamu yang baca artikel ini malem-malem,tanggal tua,mager atau jauh dari jogja mungkin lagi di antartika ngasuh bayi beruang kutub,atau lagi di jogja tapi duitnya gak ada,bersabarlah karena artikel ini gue jamin bakal bikin kalian penasaran dan langsung pengen ke lokasinya.

Kalau bilang Jogja surga makanan ya pasti, Cuma untuk semua kota besar di Indonesia ini dipastikan yang namanya makanan oleh-oleh pasti menjamur di mana-mana,tapi untuk urusan murah,enak dan banyak macamnya? Jogja dong juaranya!.

Kalau gue suruh makan bakpia pasti semua yang mau atau belum ke Jogja juga pasti sudah gak penasaran lagi sama kue khas satu ini.

  1. GUDEG BROMO

 

gudeg bromo bu tekluk jogjakartaGudeg di Jogja mungkin disetiap sudut ada, tapi untuk urusan enaknya kalian harus nyobain yang namanya gudeg bromo atau gudeg bu tekluk, ‘Jadi yang bener gudeg bromo apa bu tekluk mz’

Oke netizen tercinta, namanya sama aja, untuk gudeg bromo karena letaknya di Jalan Gejayan tepatnya dekat dengan gang bromo, dan untuk nama gudeg bu tekluk ini karena…

Ibu penjual: “Makan di sini mas?”

Gue: “Iya bu..pake ayam telor tempenya dua..”

Ibu penjual: ……… (tekluk) TEKLUK ini artinya ngantuk sambil kepala goyang-goyang kayak boneka dashboard mobil.

Gue: “Bu,itu ayamnya belum..”

Ibu Penjual: “Oh iya mas..”

Gue: “Bu..? bu..?”

Ibu Penjual: “Oh iya mas.. makan di sini?”

Gue: “Iya bu.. kan itu udah disiapin..kurang tempenya bu”

Ibu Penjual: “Ini mas..” (Tekluk)

Gue: “Bu ini sendal bukan tempe..”

Ibu Penjual: “Oh iya mas..udah teklak tekluk nih ibu..gak fokus”

Gue: “…..” (tekluk)

Ibu Penjual: “Mas..”

Gue: “Oh maaf buk,kebalik..”

Nah,kalian sudah paham kan kenapa dijulukin bu tekluk? Oke lanjut.

Buat  kalian yang gak suka gudeg karena manis,cobain ini dulu karena manisnya pas,pedesnya pas,semuanya pas dan pasti krecek kulit di sini bukan pakai kulit sapi tapi kerbau itulah kenapa kulit krecek di sini kenyal gak mudah hancur, buka dari tengah malam sampai subuh, kalau mau ke sini siap-siap bawa kasur karena antriannya bisa mengular dan gak berhenti,tapi semua kebayar dengan rasanya kok.

 

  1. HOUSE OF RAMINTEN.

Siapakah Raminten? Kenapa namanya rumah Raminten bukan rumah Ronaldo? Ya karena kita mau makan nasi bukan makan bola.

HOUSE OF RAMINTEN jogja

House Of Raminten ini sangat terkenal di kalangan turis Jogja, karena suasananya yang berbeda dan makanan yang termasuk murah buat gue,terletak di Jalan FM Noto 7 Kota Baru,Jogja house Raminten ini selalu saja ramai dan bikin lo harus siap-siap buat antri, pertama kali masuk lo bakalan terpana karena rumah makan ini sangat kental dengan nuansa jawa, dari ornamen sampai dengan pelayannya,semua pakai adat khas jawa dulu! Di teras café ada nenek tua yang terlihat sedang membatik,entahlah sebenernya lagi membatik atau lagi curhat di buku diari saya kurang memperhatikan. Di area pertama masuk akan ditanya untuk berapa orang atas nama siapa, dan harus bersedia menunggu di jejeran bangku yang disiapkan untuk mengantri.

Buat yang alergi sama bau kemenyan atau bunga-bunga tujuh rupa gue saranin bawa satu temen yang sholeh atau sholeha karena jangan sampai ketika lo udah duduk diem bukannya nunggu makanan tapi sibuk ngunyah menyan sambil ngikik-ngikit minta kembang.

Buka 24 Jam untuk cabang kota baru,ada juga di Kaliurang yang lebih sepi tapi untuk cari suasana unik kalian harus ke cabang di kota baru ini.

 

  1. ANGKRINGAN LIK MAN

Berterima kasihlah kalian yang dompetnya suka ada rayap saat dibuka karena Jogja ini ramah di kantong untuk mencari makan. Siapa sih yang gak pernah ke angkringan? Pasti kalian langsung teringat Cat Rice yah..  Nasi kucing mbak,mas.

ANGKRINGAN LIK MAN

Nah Angkringan yang paling terkenal di Jogja ini ya angkringan lik man, berada di kawasan Stasiun Tugu selalu ramai oleh wisatawan, selain menu angkringan yang hampir semua angkringan di Indonesia ada seperti telur puyuh,gorengan,susu jahe dll, angkringan lik man ini punya satu menu andalan yaitu kopi joss ,kenapa namanya kopi joss? Karena kopi hitam ini dicemplungin arang panas yang ketika dicelupkan akan berbunyi Josss… ‘Kenapa gak namanya Kopi Plung gitu kan dicemplungin mz’

Arang panas mbak,bukan batu.

 

  1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak itu sate apa? Apakah sate katak dengan penambahan l biar lebih njogja atau sate ayam biasa tapi bakarnya sambil main Ping Pong sama bapaknya? Semuanya salah.

Sate Klathak Pak Pong jogja

Sate Klathak ini terkenal kelezatannya di Jogja, kenapa namanya Klathak? Karena keunikannya saat membakar bukan dengan tusuk bambu tapi pakai jeruji besi sepeda! Wah! Unik kan… buat kalian yang pengen usaha makanan unik bisa dicontoh nih, kayak misal bikin sate lembing, jadi pakenya besi buat lempar lembing, kalau ada yang lupa bayar lempar aja tusuk satenya.

Sate Klathak pak pong terletak di Jalan imogiri bantul,Jogjakarta.

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng paling melegenda nih di Jogja! Rasanya enak dan pastinya bakal bikin kalian mesen lebih dari satu porsi!. Keunikan dari nasi goreng ini saat mengolahnya, jadi kalau kalian biasa lihat tukang nasgor masak dengan ukuran yang dipesan,nasgor beringharjo ini enggak guys! Di sini wajannya ampe penuh nasi untuk sekali masak! Dan resep lawasnya inilah yang bikin nasi goreng ini gak pernah sepi peminatnya.

Nasi Goreng Beringharjo

Ada dua varian nasi goreng yang paling terkenal di sini, nasi goreng ayam dan babi, kalau kalian muslim dan pengen rasain rasa babi, pesen aja nasi goreng ayam ditemenin sama temen lo yang sering minjem duit tapi balikin kagak, pasti rasanya sama deh haha.

Nasi goreng beringharjo ini terletak di Jalan Pabringan 1,Jogjakarta, buka dari jam 7 malam sampai habis.

 

 

 

No Comments Found

Leave a Reply