AIR TERJUN TERTINGGI DI JAWA TIMUR


0
14 shares

PROBOLINGGO

MADAKARIPURA

Selama dua ratus tahun kerajaan Majapahit pernah berkuasa meninggalkan pengaruh yang kuat di sebagian besar wilayah Jawa Timur, tersebar tempat pemujaan, pertirtaan, maupun bekas pemukiman yang menyisakan arca-arca terpendam di dalam tanah.

Madakaripura sendiri merupakan tanah perdikan atau tempat meditasi yang di berikan oleh raja Hayam Wuruk yang memimpin kerajaan Majapahit kala itu kepada patih Gadjah Mada yang telah bekerja keras dalam mempersatukan Nusantara dalam sumpahnya yang dikenal “Sumpah Palapa” , hal itu juga tersirat dalam kitab Negarakertagama.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa di Madakaripura itulah akhirnya patih Gadjah Mada menghilang dari dunia ini baik dari segi fisik maupun segi spiritualnya, maka dari itu terdapat patung patih Gadjah Mada yang sedang bermeditasi saat memasuki wilayah Madakaripura

Air terjun Madakaripura berlokasi di desa Sapih, kecamatan Lumbang, kabupaten Probolinggo, provinsi Jawa Timur yang memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dari wilayah utara. Air terjun Madakaripura memiliki tinggi 200 meter (656ft) yang merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura yang berlokasi di kabupaten Toba Samosir, provinsi Sumatera Utara dan memiliki tinggi 250 meter. Debit air terjun Madakaripura sendiri berasal dari sungai Lawean.

Air terjun Madakaripura yang berlokasi di ketinggian 1000mdpl ini berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya layaknya sedang hujan, tiga di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Sehingga para traveler yang mengunjungi air terjun Madakaripura di sarankan untuk membawa jas hujan untuk mencapai air terjun utama.

AKSES

 Air terjun Madakaripura bisa di akses dari 3 kota besar dari timur Banyuwangi dengan jarak 228 km dan waktu tempuh sekitar 5 jam 50 menit, dari selatan Malang kota dengan jarak 98 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam 45 menit dan dari utara Surabaya dengan jarak 113 km dan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit . semuanya bisa di akses dengan menaiki bus jurusan Probolinggo untuk Malang dan Surabaya dan turun di pertigaan Tongas begitu pula dari Banyuwangi naik bus jurusan Surabaya dan turun di pertigaan Tongas, setelah itu bisa di teruskan dengan menaiki ojek sampai pintu masuk air terjun Madakaripura.

 

AKOMODASI

Setiap obyek wisata yang sudah menentukan biaya retribusi, pasti terdapat tarif atau harga tiket masuknya begitu pula air terjun Madakaripura, berikut rinciannya :

– tiket masuk air terjun Rp 11.000,- (WNI dan WNA)

– ‎parkir Rp 3.000,- untuk motor , Rp 5000,- untuk mobil

– ‎guide Rp 20.000,- sampai Rp 50.000,- ( dan bisa tawar – menawar/ optional )

– ‎sewa jas hujan Rp 5.000,- ( optional )

– ‎sewa payung Rp 5.000,- ( optional )

– ‎sandal jepit Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,- ( optional )

 

Dari daftar tersebut cukup ramah di kantong dan beberapa keperluan juga bisa di bawa dari rumah untuk menghemat pengeluaran juga, selalu jaga keamanan dan keselamatan saat berada di lokasi, jika memang tidak seberapa menguasai medan air terjun alangkah baiknya menyewa jasa guide, dan hindari juga pergi saat musim hujan dengan curah hujan tinggi karena lokasi Madakaripura rawan longsor dan banjir.

 

Teks / Foto Oleh Explore Indonesia Team

@ROES_LIM


Like it? Share with your friends!

0
14 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
ROIS SYAFI I

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals