Destinasi Explore Jawa Timur

AKSES MENUJU PULAU TABUHAN BANYUWANGI

 

PULAU TABUHAN

Pulau Tabuhan surga tersembunyi di Banyuwangi .

Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan slogan nya Sunrise of Java juga banyak memiliki tempat – tempat yang indah dan mempesona. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini seakan menyediakan paket lengkap untuk kita jelajahi. Mulai dari Taman Nasional Baluran, Alas Purwo , Blue Fire Kawah Ijen , Pulau Merah dan pantai – pantai yang berderet dari selatan hingga ke timur. Ada salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Banyuwangi di kancah Internasional yang bernama Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan terletak terpisah oleh daratan besar Pulau Jawa. Secara administrative Pulau Tabuhan masih berada di wilayah Desa Bangsring , Kecamatan Wongsorejo , Kabupaten Banyuwangi .

SEJARAH

Mengapa diberi nama Pulau Tabuhan ? menurut orang sekitar yang mengerti sejarahnya Pulau Tabuhan berasal dari angin laut yang berhembus pada sekitar pulau ini dan lumayan kencang. Sehingga jika di dengarkan dengan seksama angin yang bergerak akan terdengar mendesis di telinga. Tabuhan berasal dari kata tabuh yang memiliki arti sama dengan memukul. Namun, kata tabuh di sini cenderung pada pukulan terhadap alat musik. Karena suara angin itulah, pulau ini dinamakan Pulau Tabuhan. Yaitu pulau yang terdapat bunyi-bunyian atau tabuhan.

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil tak berpenghuni dengan luas sekitar 5 hektar menurut seorang yang lebih mengerti sejarah Pulau Tabuhan , dengan pasir pantai berwarna putih dan juga air yang berwarna biru cerah. Terletak sekitar 20 Km dari Pusat Kota Banyuwangi dan hanya butuh kurang lebih 30 menit untuk perjalanan laut dari Pantai Bangsring menggunakan kapal motor.

FAKTA TERSEMBUNYI

Pulau Tabuhan adalah salah satu destinasi untuk snorekling , kita bisa melihat biota laut mulai dari ikan nemo , ikan kecil-kecil berwarna , ada juga bintang laut , ada juga bulu babi dan masih banyak biota laut yang hidup di perairan Pulau Tabuhan ini . di pesisir pantai kita dapat melihat tekstur warna hijau tosca yang cantik jelita dengan di iringi oleh gemuruh ombak air laut dan pasti angin yang berhembus dengan sejuk .

Ada beberapa spot foto menarik perhatian salah satunya adalah reruntuhan bangunan. Spot ini menjadi spot favorit oleh para pengunjung. biasanya pose sih berdiri di atas reruntuhan bangunannya. jika sedang air pasang harus berhati-hati ya . spot foto ini terletak di sisi timur, pasirnya halus karena terus terkena ombak dengan pemandangan air laut berwarna biru dan Pulau Bali spot foto ini sangat cocok untuk kalian yang suka selfi cekrek.

Pulau Tabuhan ini menjadi pilihan untuk menikmati Sunset dan Sunrise di Kota Banyuwangi selain di Pantai Watu Dodol maupun Pulau Merah . karena belum mencobanya langsung, saya tidak bisa berkata banyak , tapi untuk bisa menikmati suasana senja dan matahari terbit kalian harus menginap disini sedikitnya satu malam.

Potensi Luar Biasa Pulau Tabuhan Banyuwangi

AKSES MENUJU PULAU TABUHAN

Dari Surabaya

  • Kereta Api : Jika anda melakukan perjalanan dari kota Surabaya, Anda bisa naik kereta api dari Stasiun Gubeng atau Stasiun Kota Surabaya dan turun di tujuan Stasiun Banyuwangi baru yang ada di Daerah Ketapang. Sesampainya disitu, Anda bisa menggunakan jasa ojek/sewa mobil ke arah utara dengan tujuan ke Desa Bangsring untuk menyewa kapal motor guna menyebrang ke Pulau Tabuhan Lama penyeberangan sekitar 30 menit.

 

  • Bus :Jika anda melakukan perjalanan dari Terminal Purabaya Bungurasih Sidoarjo, Anda bisa naik bus jurusan ke Banyuwangi dan turun di Terminal Brawijaya Karangente Banyuwangi. Dari situ Anda bisa sewa mobil untuk mengantar ke Desa Bangsring dengan durasi perjalanan sekitar 15-30 menit ke lokasi. Lalu sampai di Desa Bangsring tinggal Anda sewa kapal nelayan untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan.

 

 

  • Pesawat Udara : Jika anda menggunakan trasportasi udara atau pesawat udara anda bisa langsung menuju ke Bandara Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi yang letak nya sedikit jauh dari pusat kota . Bandara Blimbingsari terbilang masih baru beroperasi karena hanya ada pelayanan dari maskapai tertentu saja , Bandara Blimbingsari salah satu bandara ramah lingkungan karena hamper keseluruhan bandara ini menggunakan konsep Green building. Hampir sama dengan transportasi yang lain anda bisa menggunakan jasa sewa mobil / travel untuk menuju ke Desa Bangsring ketika sampai di lokasi anda dapat sewa kapal motor yang siap mengantar anda ke Pulau Tabuhan .

pulau tabuhan

 DARI BANYUWANGI

Jika anda sudah berada di Kota Banyuwangi , anda bisa mengarah menuju ke Pelabuhan Ketapang hingga bertemu Patung Gandrung dan masih berlanjut di jalur utama dan terus menuju ke arah utara hingga anda melihat sebuah masjid yang berada di sebelah kiri tidak jauh dari situ ada papan petunjuk jalan menuju ke rumah apung , kalian langsung saja mengikuti papan petunjuk jalan. Sekitar 5 menit anda akan sampai di Pantai Bangsring , Wongsorejo dan anda bisa langsung sewa kapal motor yang telah di sediakan. Adapun jarak Desa Bangsring dari pusat Kota Banyuwangi kurang lebih 20-30 menit.

Mengenai biaya sewa kapal motor ketika anda berada di Pantai Bangsring kurang lebih sekitar Rp.500.000 untuk 10 orang harga tersebut sudah termasuk pelampung namun bagi anda yang ingin snorkeling bisa menyewa peralatannya dengan harga Rp.30.000 dan peralatan tambahan lainya yang di patok cukup ramah di kantong.

 

 

 

No Comments Found

Leave a Reply