tiket
Destinasi Explore Jawa Timur

BEBERAPA KEUNIKAN KAWAH IJEN YANG HARUS KAMU TAHU

tiket

KAWAH IJEN

 

Gunung Ijen ini sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999.
Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

 

Keunikan

  1. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen dan termasuk kejadian yang abadi.
  2. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.
  3. Kawah dan Kandungan Sulfur Paling Tinggi Dunia.
    4. Danau Sulfur Tertinggi di Indonesia
  4. Hutan Mati yang unik akibat letusan Asap Asam Sulfat
  5. Besi akan Berkarat selama kurang lebih 5 jam berada di area kawah
  6. Kondisi iklim yang Sangat Ekstrim di pusat Kawah
  7. Setiap harinya ada sekitar 200 pekerja sebagai kuli panggul yang lalu lalang membawa bongkahan      belerang dengan cara dipikul dan termasuk pekerjaan paling berbahaya di dunia.

AKSES

– Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding  menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).

– Dari Surabaya bisa di tempuh menggunakan mobil pribadi atau motor pribadi dengan jarak tempuh 450 km atau 8 sampai 9 jam.

– Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,8 km cukup berat karena menanjak.  Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, namun wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

  • Atau dengan menggunakan ojek dengan biaya sewa pergi-pulang 700-800 ribu rupiah.

AKOMODASI

 

– Kereta Surabaya – Banyuwangi Rp. 56.000, 00

– Bus Surabaya Banyuwangi Rp. 95.000, 00 (Bus Bisnis)

– Tarif Masuk Ijen Rp. 5000, 00 (domestik) hari biasa

– Tarif Masuk Ijen Rp. 10.000, 00 (domestik) hari libur

– Tarif Masuk Ijen Rp. 100.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa

– Tarif Masuk Ijen Rp. 150.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa

– Tarif Take Drone kebutuhan Komersil Rp. 10.000.000, 00

– Untuk Konsumsi produksi video drone pribadi ada perijinan semionggu sebelum take ke BKSDA

 

No Comments Found

Leave a Reply