Benteng Liya Sejarah Penyebaran Agama Islam di Pulau Tukang Besi


0
17 shares

Menyusuri keindahan alam dan budaya Indonesia seakan tidak pernah ada habisnya, sudah seharusnya itu semua menjadi potensi yang sangat uar biasa untuk mengangkat wisata alam dan budaya yang ada di indonesai agar lebih di minati oleh wisatawan dari berbagaai sseluruh dunia.

Tim Susur Nusantara yang terdiri dari Kementerian Pariwisata, Pesona Indonesia Travel dan Explore Indonesia kali ini menyusuri destinasi-destinasi unggulan yang berada di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan salah satu destinasi yang di kunjungi yatu Benteng Liya Togo. Benteng Liya ini memiliki sejarah besar dalam penyebaran agama Islam di Wkatobi.

Benteng Liya Toggo ini berada di Kabupaten Wangi-wangi Selataan, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, tempat ini juga sudah di resmikan oleh Kementerian Budaya dan Pariwisata sebagai cagar alam dunia. Konstruksi bangunan benteng ini tersusun dari batu karang yang konon katanya di rekatkan menggunaan adonan kapur yag di campur dengan putih telur.

Benteng Liya Togo ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Wakatobi selain wisata lautnya yang sudah terkenal keindahannya. Selain pusat penyebaran agama Isam di Wakatobi benteng ini dulunya juga di guakan sebagai perlindungan Kerajaan Liya dari serangan muauh.

Di Benteng Liya ini juga terdapat makan Raja Liya pertama yang bernama Liya Togo, ketika saat itu Raja Liya Togo memenangkan sebuah peperangan melawan musuh dan akhirnya di kasihlah daerah Liya kepadanya oleh Sultan Buton. Benteng Liya Togo ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektar lebih dan terdiri dari 3 lapis, tetapi tim Susur Nusntar hanya sampai di lapis pertama saja. Di dalam Bneteng Liya juga terdapat masjid yang dulu menjadi pusat penyebaran Agama islam itu.

Benteng Liya ini merupakan tempat yang wajib di kunjungi saat melancong ke Wakatobi selain keindahan alam lautnya Waakatobi juga mempunyai wisata sejarah budaya yang harus di pelajari.


Like it? Share with your friends!

0
17 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals