Desa Datah Diaan Desa yang pernah masuk dalam 10 Besar Desa Terbaik


0
17 shares

Nama Dayak Iban sering muncul ditengah-tengah budaya milaneal karena tato Iban  yang  bukan hanya unik, tapi  menawarkan proses pembuatan yang  sakral. Budaya  ini sayangnya semakin tergerus stigma  masyarakat Indonesia yang  dulu beranggapan bahwa tato  identik  dengan perilaku  kriminal.  Kini setelah  milaneal mengambil alih kehidupan sosial, tradisi  menggambar tubuh asli Indonesia mulai bangkit  kembali.

Diluar  keindahan  tatonya, Suku  Iban  adalah  masyarakat komunal yang  hidup dengan menyusuri hutan dan  alam di sekitar  mereka. Suku Iban hidup bersama di “rumah  panjang”  yang berfungnsi sebagai “jantung” kebudayaan dan  sistem sosial mereka. Dari Rumah  Panjang inilah, Dayak Iban  terus mewariskan budayanya ke generasi  penerus,  warisan budaya  yang   tampak  nyata   dalam  sikap   mereka terhadap hutan alam.

Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Datah Dian merupakan salah satu desa terpencil yang jauh dari perkotaan terletak di aliran Sungai mendalam dan berbatasan dengan malaysia. Penduduk di desa datah dian tidak mencapai ribuan jiwa hanya ratusan saja.

Penduduk disana mengunakan bahasa pangung dan mayoritas disana beragama katolik. Kegiatan sehari – hari masyarakat disana berladang, menoreh getah, berkebun kopi,berkebun coklat,menmungut hasil hutan,berburu,menggambil kayu dihutan,beternak,menjala dan memancing  ikan. Wanita di desa datah dian apabila mandi disungai diharapkan membawa sarung untuk yang tidak ingin mandi disungai bisa mandi dirumah.

Masyarakat disana masih kental dengan adat atau tradisi ” Ðange”  yang dilakukan suku kayaan dan menjadi kalender tahunan. Adat atau tradisi tersebut dimaksudkan untuk mensyukuri  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen.

Adapun infrastruktur yang dimiliki berupa Gedung SD, Gereja,Gedung SMP dan puskesmas pembantu dengan tenaga mantri 1 orang. Bagi pendatang yang ingin menginap di desa datah dian bisa menginap di rumah warga sekitar.


Like it? Share with your friends!

0
17 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals