Destinasi

DESTINASI WAJIB KETIKA BERKUNJUNG KE LAMPUNG !

Processed with VSCO with c8 preset

TEKS/PHOTO Oleh : @Naana1704

#ExploreIndonesiaTeam

Pantai Gigi Hiu, Destinasi Wajib Berkunjung Ke Lampung

Sebuah provinsi yang terletak di ujung paling selatan bagian dari Pulau Sumatera, Lampung memang memiliki daya ketertarikan tersendiri. Bukan rahasia lagi suguhan pantai dengan pasir putih nya memang tak terhitung banyaknya dan sangat asyik sebagai tujuan berwisata. Tetapi kali ini saya akan sedikit bercerita soal satu tempat tersembunyi dari banyaknya destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi ketika ke Lampung yakni Pantai Gigi Hiu.

Mendengar dari namanya memang sedikit menyeramkan, tapi kalian tidak usah khawatir. Jadi mengapa di namakan Pantai Gigi Hiu? Karena pemandangan dari pantai ini adalah jajaran batu-batu karang menjulang tinggi dan lancip mirip seperti gigi hiu.

Pantai Gigi Hiu ini terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia. Untuk harga tiket masuk ke Pantai ini hanya 10 ribu rupiah dan 70 ribu untuk menginap (camp) sudah termasuk parkir. Kondisi jalanan menuju pantai ini dulunya memang terkenal rusak parah dan sedang dalam perbaikan. Tapi pengalaman saya terakhir kesana desember 2017 jalan sudah cukup baik. Jadi yang sebelumnya perjalanan bisa memakan waktu 5-6 jam dari Bandar Lampung, tapi setelah ada perbaikan saya hanya membutuhkan waktu 1,5-2 jam saja untuk sampai kesana dengan kendaraan ber-motor. Sementara itu info terbaru yang saya dapatkan paska perbaikan jalan untuk kendaraan roda 4 saya dengar saat ini sudah bisa di akses dengan cukup baik.

Processed with VSCO with c8 preset

Tips Dan Akses Menuju Pantai Gigi Hiu

  • Pastikan berangkat di pagi hari supaya pulangnya tidak kemalaman, dan masih bisa menikmati sunset di pantai lain.
  • Usahakan jangan terlalu malam di jalan, karena waspada Begal/kriminal lain.
  • Kurang di sarankan untuk aktivitas berenang karena ombaknya sangat besar.
  • Di googlemaps sudah jelas, tapi tidak semua provider bisa akses signal. ; Telkomsel,XL
  • Lebih baik bareng teman yang sudah pernah ke Pantai Gigi Hiu, di utamakan orang Lampung.

 

Processed with VSCO with c7 preset

 

Dari Bandar Lampung

  • Motor/Mobil : Untuk menuju Gigi Hiu ada dua pilihan akses yaitu via kelumbayan dan via kiluan. Tetapi untuk via kiluan akan lebih lama 1 jam. Untuk motor pastinya akan lebih flexible masuk sampai parkiran dalam, tetapi kalau kalian pakai roda 4/sejenisnya kalian harus parkir agak jauh dan berjalan kurang lebih 10-15 menit lamanya.
  • Lain-lain : Misal untuk wisatawan luar daerah dengan kedaraan umum saya lebih menyarankan untuk menyewa kendaraan bermotor/mobil. Untuk yang biasa travelling bisa menggunakan google maps, tapi kalau masih kurang yakin kalian besa sewa guide.

Dari Jakarta/ Jawa

  • Kendaraan umum : Jadi untuk kendaraan umum seperti pesawat kalian bisa beli langsung tujuan bandar lampung dari soekarno hatta, Jakarta dengan kisaran harga 150-250 ribu. Sementara untuk kalian yang memakai bus kalian langsung saja beli bus tujuan bandar lampung supaya tidak meyulitkan transit di pelabuhan bakaheuni, dengan tarif 100-150rb dari terminal Kali Deres, Jakarta. Beda lagi jika kalian memilih kereta kalian bisa membeli tiket tujuan merak dari stasiun Pasar Senen dengan kisaran harga 10-15rb, dan melanjutkan penyeberangan via kapal ferry 15rb lalu melanjutkan naik bus ke Bandar Lampung dengan tarif 30rb. Semua tergantung situasi, kondisi dan kenyamanan kalian. Dan kalau kalian sudah sampai Bandar Lampung tinggal mengikuti saran saya yang sudah di tulis di atas.

 

  • Kendaraan Pribadi:   Bisa bawa mobil/ motor mengarah ke Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Bakaheuni. Tenang saja kapal penyeberangan selalu ada dengan lama tempuh 3-4 jam tergantung ombak. Khusus pembawa kendaraan pribadi Mobil akan di kenakan tarif 320rb, dan motor 20rb. Sementara itu untuk penumpang dewasa di kenakan tarif 13rb dan anak 7rb. Pesan saya sebagai pendatang hindari perjalanan malam hari karena sangat rawan begal dan kriminal.
Processed with VSCO with c8 preset

 

 

 

 

 

 

 

 

About NANA

No Comments Found

Leave a Reply