Community

JELAJAH GARUT SELATAN BERSAMA IGERSOCIETY BANDUNG

FOTO OLEH @REZAMAULANAMALIK

“Mengembangkan Potensi Wisata Daerah Lewat Acara Komunitas”

 

Interaksi sosial merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyatukan tiap – tiap individu dari berbagai macam elemen masyarakat serta latar belakang, sehingga menciptakan sebuah hubungan antar sesama dan dapat memicu munculnya ide – ide kreatif serta inovatif dari komunikasi yang dilakukan.

Berawal dari latar belakang tersebut, sebuah komunitas yang bernama Igersociety mendisain sebuah acara yang bernama Camping Ceria atau yang biasa disebut Camcer. Poin utama acara ini adalah dengan menciptakan pengalaman unik di mana orang dapat belajar dan berkreasi bersama. Bagi kami, ini biasanya terlihat seperti menemukan tempat yang indah di mana kita dapat dikelilingi oleh atmosfer yang menginspirasi kita

FOTO OLEH @REZAMAULANAMALIK

Lewat acara tersebut, mengajak para peserta yang berasal dari anggota komunitas itu sendiri dan dari kalangan umum untuk bertemu secara langsung dan menjalin sebuah interaksi sosial antar sesama. Lebih dari itu, acara ini juga mengajak masyarakat yang berada di sekitar lokasi kemah untuk ikut serta dalam interaksi yang dilakukan. Acara ini juga bertujuan untuk lebih mengembangkan potensi wisata alam yang berada di sekitar lokasi kemah. Harapannya, lewat acara ini, lebih membantu masyarakat untuk melihat dan mengenal keindahan alam Indonesia. Sehingga dapat memajukan potensi wisata serta pemberdayaan masyarakat di lokasi tersebut.

FOTO OLEH @REZAMAULANAMALIK

Acara ini telah berlangsung selama 6 kali dan dilaksanakan di lokasi yang berbeda. Pada tanggal 21 April 2018 lalu telah diadakan camcer yang ke 7 dan berlokasi di pilar angin, Garut Selatan – jawa Barat. Sebuah padang rumput nan luas di pesisir pantai garut selatan menjadi pilihan untuk mengabiskan akhir pekan dan berkemah bersama orang – orang baru. Belum banyak orang mengetahui lokasi tersebut. wajar saja, lokasi yang jauh dari pusat kota serta belum adanya pengelolaan dari pemerintah daerah setempat menjadikan lokasi ini masih alami.

Ada banyak sekali lokasi wisata menarik di sekitar daerah ini, sembari berbincang dan bercengkrama dengan masyarakat setempat, kami membahas berbagai isu tentang pengembangan wisata lokal. Masyarakat mengaku senang dengan adanya acara yang diselenggarakan Igersociety ini. Dan berharap kedepannya aka ada acara semacam ini dan mengundang masyarakat untuk berkunjung kesini.

FOTO OLEH @DERIZONEDY_

suasana kekeluargaan sangat terasa di komunitas dan acara ini. Tidak ada sekat yang membeda – bedakan tiap peserta. Semua membaur bersama masyarakat sekitar menciptakan sebuah interaksi sosial yang padu. “acara ini sangat saya tunggu kehadirannya, untuk sekedar melepas penat pekerjaan berkumpul kembali bersama kawan – kawan disini. Karena bagi saya, igersociety merupakan keluarga kedua dan kami bagaikan saudara satu sama lain.” Dikutip dari salah satu peserta camping.

 

TEKS OLEH EXPLORE INDONESIA TEAM

@MOHAMMEDFARRAS 

mohammed farras About mohammed farras

No Comments Found

Leave a Reply