FAKTA-FAKTA RINJANI SERTA AKSES PENDAKIAN


0
15 shares
Siapa yang tidak tahu Gunung Rinjani ?
Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung bintang 5. Why ?? Karena disana kita bisa menemukan berbagai keindahan alam, mulai dari jajaran perbukitan, danau , hingga air terjun. Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok , Nusa Tenggara Barat dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl. Gunung ini memiliki 2 jalur pendakian resmi yaitu jalur senaru dan sembalun.
Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara.  Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak . Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam.
Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut. Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru  . Gunung kecil ini terakhir meletus pada tanggal 25 Oktober 2015 dan 3 November 2015. Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun. Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki ± 7 Km dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru.
Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam. Danau segara anak dengan ketinggian ± 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar ± 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha. Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah.
Selain Gunung Barujari terdapat pula kawah lain yang pernah meletus,disebut Gunung Rombongan. Salah satu jalur favorit saat mendaki Gunung Rinjani yaitu jalur  sembalun. Karena selain trek yang dianggap lebih mudah, pada sore hari kita bisa menikmati matahari terbenam di Pelawangan Sembalun dengan view lembah yang hijau, danau segara anak dan juga Gunung Agung dari kejauhan.
Pelawangan Sembalun sendiri merupakan tempat paling ideal untuk beristirahat, mendirikan tenda, masak, bermalam, tidur dan menyiapkan diri untuk melakukan summit attack pada pagi berikutnya. Saat berada di sana, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat mengagumkan, bunga Edelweis, pemandangan danau Segara Anak, puncak Anjani dan bentangan alam yang kian mengagumkan.  Di Pelawangan Sembalun tersedia sumber air yang melimpah, jaraknya berada 300 meter dari lokasi camp.
Pelawangan Sembalun berada di ketinggian 2.700 mdpl dan 1 km dari puncak Anjani. Siapa yang tak ingin langsung gendong carier untuk menuju punacak anjani, siapkan kondisi badan serta apapun yang di perlukan dalam pendakian. SALAM LESTARI!
Lets Explore-Share_Inspired
Teks/Foto oleh @Zaqyiqbl_
#EITEAM
#EXPLOREINDONONESIA

Like it? Share with your friends!

0
15 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
ZAQY IQBAL

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals