Garut Siap Menyambut Torch Rellay Asian Games 2018 dengan Anekan Ragam Wisata dan Keramahan Masyarakatnya


0
21 shares

Kabupaten Garut adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Garut mempunyai kedudukan strategis dalam sektor  wisata,  sekaligus berperan di dalam pengendalian keseimbangan lingkung.  Hal itu dikarenakan garut dikelilingi oleh pegunungan dan di sebelah selatan bersebrangan dengan samudra hindia.   Kabupaten Garut juga secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hinterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya.

 

Garut siap menyambut torch rellay dengan anekan ragam wisata dan keramahan masyarakatnya.  Berikut beberapa kekayaan alam serta kearifan lokal, kerajinan dan kuliner yang dapat dinikmati ketika kalian mengunjungi Kabupaten Garut :

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Garut.  Selain itu, di sekitar pantai ini terdapat banyak rumah makan, dan penginapan dengan berbagai macan fasilitas yang dapat di gunakan oleh wisatawsn. Hamparan luas di dekat pasir pantai sayang heulang,  terdapat lahan yang biasa di gunakan untuk mengembala sapi.  Namun kali ini lahan tersebut menjadi daya tarik wisatan untuk berkunjung kesini menikmati matahari terbit di tengah hamparan rumput yang sayang luas dan rapih. Pantai Sayang Heulang iniya berdekatan dengan Pantai SantoloPameungpeuk Garut

Puncak Guha

Salah satu pantai selatan di wilayah kabupaten Garut yang masih belum banyak terjamah adalah pantai Puncak Guha . Pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah ter-ekspose dalam novel perahu kertas karya salah satu novelis indonesia , Dewi Lestari ( Dee ) .

Pantai ini terletak dekat sekali dengan pantai Rancabuaya , sehinga bisa anda jadikan satu paket perjalanan saat berkunjung kesana.

Tidak kalah dengan pantai sayang heulang,  puncak guha menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa.  Sepanjang jalan menuju lokasi ini kita dapat menikmati ilalang dan lahan-lahan luas di tengah jalan yang sangat bagus.  Selain itu, disini pula dapat kita nikmati sekaligus matahari terbit dan terbenam.

Es goyobod

Nah bagi pecinta kuliner,  selain garut kaya dengan wisatanya.  Es Goyobod adalah salah satu dari sekian banyaknya kuliner di garut yang dapat kalian temui di sekitar alun – alun garut.

Dodol garut

Oleh – oleh yang satu ini sepertinya wajib anda bungkus ketika mengunjungi kabupaten garut.  Terdapat banyak sekali toko-toko atau warung-warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya. Di sepanjang jalan kota Garut banyak penjual yang menjajakan dodol Garut, terutama di jalan-jalan yang dijadikan sebagai pintu gerbang menuju ke daerah lain di sekitar kota Garut.  Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya.

Industri Kulit

Sentra Kerajinan Kulit Garut – Selain populer dengan dodol, ada oleh oleh lain khas Garut yang lama diketahui masyarakat , merupakan kerajinan berbahan basis kulit. Industri kulit di Garut telah meningkat sejak zaman kolonial Belanda, sekitar tahun 1920-an. Sentra utama pembuatan pakaian, aksesori, dan jaket kulit di Kabupaten Garut adalah Desa Sukaregang. Desa yang terdapat tidak jauh dari pusat kota , bak Milan di Italia atau Paris di Perancis.  Disepanjang jalan dapat kita jumpai toko-toko yang penuh dengan produk-produk berbahan dasar kulit.


Like it? Share with your friends!

0
21 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals