tiket
Explore Jawa Timur

Greenbay Keajaiban Tersembunyi Di Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau atau Green Bay
tiket

 

GREENBAY
GREENBAY

Indonesia menyimpan banyak potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi tempat wisata berskala internasional. Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mengalami kemajuan pesat dalam perkembangan wisata alamnya. Salah satu potensi alamnya bernama Teluk Hijau atau Green Bay, terletak di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Sesuai dengan namanya, yang menjadi ciri khas teluk ini adalah teluk yang terlihat bewarna kehijauan, jadi berbeda dengan teluk pada umumnya yang bewarna biru. Memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih bersih nan lembut, terdapat air terjun, dikelilingi hutan hijau dengan pepohonan yang rimbun, dan pemandangan laut bewarna kehijauan serta gebyuran ombak yang dinamis membuat Teluk Hijau/Green Bay menjadi lokasi wisata dengan daya tarik kuat yang gak boleh terlewatkan.

Biaya masuk per-orang adalah 7.500 rupiah dengan biaya parkir motor 5.000 rupiah.

Pantai Teluk Hijau atau Green Bay
Pantai Teluk Hijau atau Green Bay

Hal unik di Teluk Hijau atau Green Bay adalah terdapat air terjun air tawar setinggi kurang lebih 8 meter yang mengalir melewati bebatuan. Biasanya wisatawan membilas tubuh di sana setelah basah-basahan dengan air laut atau bahkan ada yang berwudhu untuk menunaikan shalat.

Rute menuju ke Pantai Teluk Hijau atau Green Bay

Rute menuju ke Pantai Teluk Hijau atau Green Bay
Rute menuju ke Pantai Teluk Hijau atau Green Bay

Lihat via gmaps https://goo.gl/maps/mC3mqHer4TQ2

Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Menuju ke Pantai Teluk Hijau atau Green Bay perjalanan santai akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Pantai Greenbay
Pantai Greenbay

Ada dua pilihan kendaraan untuk menuju kesana. Untuk kendaraan pribadi kita bisa langsung menuju rute yang sama ke pantai merah namun pada saat di Pasar Pesanggaran kita ambil arah ke Sarongan. Jadi Kota Banyuwangi-Rogojampi-Srono-Benculuk-Jajag-Pesanggaran-Perkebunan Sungail Lembu-Sarongan-Pantai Rajegwesi-Parkiran ke Teluk Hijau.

pantai teluk hijau banyuwangi
pantai teluk hijau banyuwangi

Sedangkan jika kita menggunakan tranportasi umum. Naik Bus dari Terminal Brawijaya, pilihlah jalur Pesanggaran atau Bus yang jalurnya melewati Jajag. Kita turun di Jajag kemudian pindah Bus Damri jalur Jaja-Sarongan. Dari sarongan ini kita naik ojek ke Pantai Rajegwesi. Baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum akan berakhir di Pantai Rajegwesi. Dari Pantai Rajegwesi ke Teluk Hijau atau Green Bay kita harus menempuh jalur trekking kurang lebih 45 menit. Atau bisa juga dengan kapal nelayan yang biasa disebut Jukung dengan biaya 35.000. Jukung ini beroperasi berdasarkan situasi ombak. Kalau ombak besar Jukung tidak dapat beroperasi.

 

 

Winata Arafad About Winata Arafad
Contributor @exploreindonesia @discoverbojonegoro | Involved at @Foodgram_SBY @PortraitMeetSUB @LocalGuidesSurabaya

No Comments Found

Leave a Reply