Destinasi Explore Jawa Timur

GUNUNG CUMBRI YANG TERKENAL DARI MEDIA SOSIAL

PONOROGO

BUKIT CUMBRI

Bukit Cumbri secara geografis terletak di Wonogiri, Jawa Tengah, sebagai tempat untuk melihat bukitnya berada di Ponorogo Jawa Timur, hal ini dikarenakan perbatasan antara Wonogiri dan Ponorogo. Pada umumnya para wisatawan lokal menganggap Bukit Cumbri sebagai pilihan yang tepat untuk melakukan kegiatan hiking atau photo hunter.  Semula tempat ini belum terkenal dan menjadi sebuah perbukitan, namun semenjak muncul berbagai foto di media sosial, menjadikan Bukit Cumbri sebagai destinasi para wisatawan, tak lupa ada kegiatan camping para pendaki untuk menikmati sunrise di Bukit Cumbri. Perbatasan antara Wonogiri dan Ponorogo ini tak luput dari pengetahuan para wisatawan bahwasanya Bukit Cumbri berada di Purwantoro Wonogiri, ada pula yang menyebutkan bahwa Bukit Cumbri berada di Ponorogo.

 

Tak menutup kemungkinan ini menjadi dilematis para pengunjung Bukit Cumbri. Suatu hal yang perlu di temukan titik terangnya adalah menjadikan Bukit Cumbri sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Perjalanan di mulai dari Wonogiri maupun Ponorogo, karena pintu masuk ke Bukit Cumbri itu berada di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo. Yaitu bertanda berada di gapura selamat datang di Ponorogo, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro Kabupaten Ponorogo dan Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung Kota Ponorogo. Bukit Cumbri yang memiliki ketinggian 638 mdpl menjadi keistimewaan sendiri bagi para wisatawan untuk menikmati pemandangan di atas kabut Bukit Cumbri, dan selanjutnya untuk menempuh perjalanan ke Bukit Cumbri tidak sesulit yang diperkirakan, karena jalan menuju puncak sudah bagus. Bagi para photographer, Bukit Cumbri sangat bagus ketika lagi musim penghujan dikarenakan ada kabut sesaat setelah matahari terbit. 

AKSES

Ada 2 jalur akses pendakian ke bukit cumbri

  1. Pertama yaitu di Purwantoro, melewati rute Solo-Purwantoro dan sampai di Desa Biting, Purwantoro. Jika menggunakan transportasi umum/bus bisa mengambil jurusan Solo dan turun di Purwantoro, setelah itu menggunakan ojek sampai di loket pintu masuk Bukit Cumbri, ada 3 jalur di Purwantoro ini yakni pintu timur (Dusun Jatisari dan Desa Biting), pintu tengah (Dusun Sumber dan Desa Biting), pintu barat (Dusun Kepyar)
  2. Rute kedua yaitu melalu Madiun menuju Ponorogo yang perbatasan langsung dengan Purwantoro di Desa Sampung dan berlanjut di Desa Pager Ukir.

AKOMODASI

  1. 1. Jalur pendakian (tiket masuk hanya dengan membayar parkir kendaraan bermotor, sebesar Rp 000,-)

 

 

 

Teks / Foto Oleh Explore Indonesia Team

@AndyBachtiar_

About ANDY BACHTIAR

Incoming search terms:

  • foto gapura selamat datang ponorogo desa biting

No Comments Found

Leave a Reply