Indonesia ternyata Punya Laut Mati Di Nias Utara


0
15 shares

Kalau kita Mendengan  kata Pulau Nias, dalam benak kita  pasti terbesit Wisata Lompat batu di Bawomatoluwo Nias yang terkenal dan terpampang di mata Uang Indonesia, Pulau Nias adalah bagian dari Propinsi Sumatera Utara yang wilayahnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau ini mempunyai banyak sekali keindahan alam seperti keindahan pantai yang layaknya sebuah pulau kecil. Tetapi ada satu pantai yang unik berada di Pulau Nias ini, yaitu Pantai Tureloto yang keindahannya sangat sayang untuk dilewatkan.

Pantai Tureloto memiliki wilayang yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal mempunyai ombak besar. Tetapi di pantai Tureloto tidak ada yang namanya ombak besar, hal itu dikarenakan terdapatnya gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibir pantai yang berjajar menyerupai sebuah benteng sebagai pemecah ombak. Pada Jaman dahulu pantai ini layaknya sebuah pantai yang biasa ditemui, adanya pasir pantai yang melimpah di garis bibir pantai. Tetapi setelah peristiwa gempa pada tahun 2005 silam menjadikan wajah pantai ini berubah menjadi hamparan batuan karang yang tersebar di area kawasan pantai diantara hamparan pasir putih dan menambah keesotikan pantai.

Alam bawah laut ini juga sangan indah, banyak beraneka biota laut yang unik dan terumbu karang masih yang masih terjaga kelestarianya. Dengan melakukan snorkling merupakan pilihan tepat untuk menikmati keindahan bawah laut karena tidak perlu ketempat yang lebih dalam untuk menyapanya. Selain dengan berenang ataupun snorkling, Para Wisatawan atau Pengunjung juga bisa menikmati suasana pantai dengan menggunakan perahu nelayan untuk mengitari pantai menikmati hamparan gugusan batuan karang dan menikmati keindahan bawah air dari atas karena air laut di Pantai ini memenag jernih.

Lokasi

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara.

Akses

Pantai ini berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Gunung Sitoli. Untuk menuju pantai ini Anda dapat menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 3 jam dari Kota Gunung Sitoli atau dari Bandara Binaka Nias dengan menggunakan kendaraan.

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas di pantai ini sudah terbilang lengkap, terdapat beberapa toilet dan tempat makan yang menyajikan aneka makanan laut dengan bumbu khas Nias. Namun belum ada penginapan didaerah sekitar pantai, penginapan bisa diperoleh di kota terdekat.


Like it? Share with your friends!

0
15 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals