Collaboration Community Destinasi Sentani Jayapura Papua Susur Nusantara

Kampung Asei Surga bagi para pelukis kayu

Kampung Asai secara administrasi terletak di kabupaten jayapura – Papua, Kampung ini berpenduduk kurang lebih 75 kepala keluarga dan hampir semuanya bisa melukis diatas kulit kayu, tradisi ini sudah dilestarikan sejak ratusan tahun yang lalu, namun sempat menghilang tergerus oleh perkembangan jaman dan tergantikan oleh budaya tekstil .

Kegiatan melukis kayu kembali marak dan terus dihidupkan kembali pada tahun 1971 lukisan diatas kulil kayu memang tidak terbantahkan keindahanya ukiran-ukiranya sangat indah dan bagus ,

Motif dari lukisan kayu ini biasanya menggambarkan cerita tentang kehidupan dan penggambaran hewan hewan didalam keseharian mereka, beberapa motif lukisan yang paling terkenal adalah Fouw, Fouw adalah motif lukisan kulit kayu yang berbentuk garis spiral , makna dari simbol ini adalah  ikatan kebersamaan dan kekeluargaan

Lukisan dari kulit kayu ini biasanya dijadikan oleh oleh oleh para wisatawan yang berkunjung ke papua, khususnya ke pulau Asei , Lukisan dari kulit kayu yang ada di pulau asai di jual berfariasi antara  Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 75.000.

Selain menjadi surganya lukisan kulit kayu kampung asei juga memiliki  kisah bersejarang tentang perang dunia, banyak peninggalan perang dunia yang ada dikampung ini berupa artefak-artefak dan beberapa jenis senjata mesin serta tangka-tangki bahan bakar dan banyak artefak lain yang ada di seluruh pulau ini.

Pulau asei dapat kita tempuh dengan menggunakan perahu sewa kurang lebih 20 menit perjalanan  dari tepian danau sentani .

Comments

comments

No Comments Found

Leave a Reply

Skip to toolbar