Keindahan Desa Benua Tengah


0
13 shares

Sarapan sederhana di rumah warga kemudian menyaksikan aktivitas pagi hari.  Kebanyakan warga Datah Dian bekerja sebagai petani karet, selain itu mereka juga  adalah nelayan yang  handal. Beberapa orang dari  mereka bekerja di kota Putussibau. Setelah berpamitan, bersiap-siap meninggalkan Datah Dian pada pukul 09.30  menuju ke Benua Tengah.

Benua Tengah adalah kampung komunitas Dayak  Tamambaloh. Di sini berdiri betang tua  dengan pilar-pilar utama yang  masih menggunakan kayu  tebelian berukuran besar dan tinggi. Berkenalan dengan warga dan menyaksikan keseharian masyarakat. Jika memungkinkan, setelah makan siang, berjalan-jalan di sekitar betang. Menginap di betang.

Benua Tengah merupakan  salah satu desa di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Sesuai dengan namanya desa ini terletak ditengah – tengah kecamatan Taksiung. Pengunjung  yang datang di Desa Benua Tengah dapat melihat  keindahan desa, pegunungan serta pantai Takisung dari puncak bukit.

Ada salah satu bukit yang indah di desa Benua Tengah  yaitu bukit Sanghiyang. Bukit Sanghiyang memberikan keindahan alam dan kearifan lokal.

Di desa benua tengah terdapat rumah betang yang masih tersisa . rumah betang merupakan rumah betang tertua yang ada di kapuas Hulu,bahkan kaimantan barat. Jalan menuju desa Benua Tengah sudah beraspal dan berada di jlan Poros Putussibau Badau  yang menuju perbatasan Indonesia – malaysia. Dari jalan poros untuk mencapai rumah betang sekitar 5 Km melalui jalan tanah dan sebagian telah ada pengerasan. Apabila dari Putussibau ke arah utara sekitar 50 Km untuk mencapai  lokasi rumah betang atau (Sao Langke) Dai Bolong Pambean.

Di rumah betang seingkali diadakan acara – acara adat,seperti Gawai, acara pernikahan,acara kematian maupun acar – acara besar lainnya. Dan di rumah betang ini syarat dengan peninggalan – peninggalan sejarah atau budaya yang memiliki daya tarik luar biasa,karena tidak semua daerah memiliki hal tersebut. Di depan rumah betang terdapat sungai yang masih terjaga serta airnya yang jernih dan berada tepat di depa rumah betang menambah daya tarik tersendiri bagi betang ini.

Desa benua tengah masih menjaga dan melestarikan dengan baik rumah betang ini. Banyak yang terkesan daan bahkan herang dengan tiang – tiang Betang yang sangat besar dan panjang,mereka tidak habis pikir bagaimana orang tua dulu menancapkan dan mendirikan tiangnya,seperti yang kita ketahui kalau dulu semua dikerjakan dengan manual, hanya menggunakan Beliung dan alat-alat tradisional lainnya.


Like it? Share with your friends!

0
13 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals