Keindahan Dusun Kedungkan


0
13 shares

Kali ini Tim Kementrian Pariwisata Indonesia ( @Pesonaid_travel ) bersama Tim Explore Indonesia yang diwakili oleh Aditya rachman ( @wldvbz ) dan Kadek Aditya Pratama ( @aditbendoth ) melakukan @susurnusantara Menyusuri Kampung Suku Dayak Pedalaman.

Setelah dari Benua Tengah perjalanan dilanjutkan menuju kedungkan,

Kedungkan dusun yang berada di pinggiran danau sentarum. Warga Dusun Kedungkang yang tinggal di betang atau rumah panjang, menggunakan kayu-kayu dari hutan di sekitar untuk membangun betang.  Masyarakat kedungkang membangun rumah bentang tetap menggunakan kayu untuk mempertahankan keaslian budaya masyarakat dayak.

Dusun terujung di pesisir danau sentarum yang berada di kecamatan Batang Lupar ini,sering menjadi tujuan para wisatawan. Tujuan para penikmat alam ada di sebuah bukit,sebelum memasuki dusun. Bukit ini dinamakan bukit babi. Panorama yang tersaji di bukit sungguh berbeda dengan namanya. Bukit yang dipenuhi hijau ilalang itu,akan terlihat sudut pandang Danau Sentarum yang indah dan memanjakan mata.

Selain bukit babi ada juga jembatan kedungkang yang posisinya tepat di samping betang. Wisatawan bisa berkunjung ke dua tempat sekaligus menyinggahi betang dan mengitari jembatan sepanjang 700 meter.

Penduduk disana sehari – hari bekerja di ladang atau dikebun, tak mengurangi keramahan penduduk dusun kedungkang. Masyarkat disana juga menenun dengan pewarna lamai dari tumbuh – tumbuh an dan buah – buahan hutan.


Like it? Share with your friends!

0
13 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals