Destinasi Toraja

Keindahan Menhir Megalitik di Bori Kalimbuang

Leluhur  Toraja dipercaya sebagai mahluk  surga yang turun dengan menggunakan tangga dari  langit  untuk   tinggal  disana, dan  sangat jelas  alasan mereka untuk menetap di Toraja. Tanah  ini terlindungi dari dunia  luar oleh  tembok granit  alami yang kokoh  mengitari, menjadikan Toraja memiliki lansekap unik dan  indah.  Tana Toraja terisolasi dari dunia  luar hingga awal abad ke 20, itulah kenapa adat istiadat sangat kuat mengakar di kehidupan sosial Toraja.

Toraja hingga  sekarang masih  aktif mempraktekan adat istiadat, ritual dan  tradisi mereka, kepercayaan  animisme bernama  Aluk yang  berarti jalan,  atau Aluk To Dolo, jalan menuju leluhur.

Menelusuri  adat  masyarakat  Toraja   berarti  menelusiri  jalan   menuju  dunia kematian. Masyarakat Toraja percaya bahwa kematian dan kehidupan harus harus terus  dirayakan dengan  ritual-ritual adat,   untuk   mempertahankan  energi yang dimiliki oleh masyakat dan  tanah Toraja

Kali ini Tim Kementrian Pariwisata Indonesia bersama Tim explore Indonesia yang diwakili oleh Andi Rachmat Bachtiar ( @andybachtiar_ ) dan Fitra Aria ( @debumalam ) Menyusuri Destinasi wisata Bori Kalimbuang.

Toraja dikenal dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami dan terjaga selain itu obyek wisata kebudayaan menjadi daya Tarik tersendiri.

Seperti Obyek wisata Bori Kalimbuang ini , obyek wisata ini menjadi Salah satu warisan dunia  UNESCO yang berada di jalan Poros Banana, Pangli, Kelurahan bori, kecamatan Sesean  Kabupaten Toraja utara,

Wisata ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1718 Tempat wisata ini mirip dengan  Stonehenge  yang ada di inggris, sama-sama memiliki batu yang tinggi dan berdiri tegak dengan berbagai ukuran yang dikenal dengan menhir, Batu ini bukan terbentuk secara alami melainkan terlebih dahulu dibentuk dan ditanam didalam tanah, penanaman batu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang  melainkan Melalui beberapa upacara adat.

Pemandangan manhir di lokasi ini sangat indah dan sangat instagramable, karenanya banyak wisatawan yang datang kesini untuk  selfi dan foto-foto di area ini.

Comments

comments

No Comments Found

Leave a Reply

Skip to toolbar