tiket
Destinasi

KEINDAHAN JALUR ISTIMEWAH INI KETIKA BERKUNJUNG KE RINJANI

tiket

Bicara tentang rinjani memang tak ada habisnya , apalagi jalur pendakiannya, salah satunya adalah jalur pendakian via Torean. Torean adalah satu jalur pendakian Gunung Rinjani yang berada di sisi utara atau di tengah tengah antara jalur Sembalun dan Senaru. Jalur ini biasa digunakan masyarakat Bali ataupun masyarakat Lombok untuk beribadah menuju Segara Anak. Jalur ini ngga resmi gengs!. Jadi sebenernya emang ngga di rekomendasikan. Kecuali, kalian bawa porter/ guide dan hukumnya wajib !Kenapa jalur ini ngga di rekomendasikan? kalau kata penduduk lokal sih karena emang jalannya yang curam banget dan kanan kiri itu jurang, salah ambil langkah nyawa taruhannya. Harus selalu fokus kalau lewat sini gengs! tapi emang deh pemandangan disini tuh paling ajib. Dan yang paling seru ya ini! Kita ngelewatin sungai yang ada di bawah. Kebayang ngga gimana dinginnya air itu? wkwk gue aja udah lupa cuy wkkw yang jelas dingin banget hihi.

Fyi, di sungai itu ada satu batang pohon yang masih utuh yang emang dipake buat nyebrang sama para pendaki. Kalau kalian mau lepas alas kaki nyebrangin sungainya musti hati hati ya, karena batunya tajem tajem banget. Soalnya temen gue ada yang sobek telapak kakiknya gara gara nyebrangin sungai gapake alas kaki. Gue pikir setalah ngelewatin sungai, jalannya tuh bakalan datar. dan ternyata engga !

Ini dia jalan yang kita lewatin habis ngelewatin sungai. Ya naik punggungan lagi, dan kanan kiri jurang. Hampir putus asa, tapi karena pemandangannya yang keren banget, capek pun ilang juga ! bayangin aja pepohonan yang menjulang tinggi, rumput yang ijoooo banget, ditambah suara suara burung yang saling bersahutan. huuuuuh rasanya gamau pulang dari sini.

Dan ini salah satu spot yang bikin gue jatuh cintaaa bangett! Sampe gabisa dijelasin pokoknya. Kalian liat sendiri deh, bayangin kalian yang berdiri disitu. Ini kalau gue punya sayap gua bakalan terbang ngelilingin Torean. Oh iyaaa, disini tuh banyak banget monyet yang mungkin nanti bakal ngikutin kalian. Intinya jangan pernah ngasih makan ke mereka ya, nanti jadi kebiasaan tiap ada pendaki yang lewat pasti jadi minta makanan, ataupun nyolong. dan jadinya mereka lupa makanan mereka sendiri dan jadi pemalas.

Daaaaaan dia Air Terjun Penimbungan, masih di jalur torean pastinya gengs!. Percaya ngga ini gue ngambil fotonya sekitar jam setengah 6 sore?. Serius jam segitu masih se terang ini. Air terjun ini yang jadi salah satu alasan para pendaki lewat jalur torean. Walaupun ngga bisa turun, tapi dari atas sini aja suara air nya keras banget loh, kedengeran sampe atas. Dan itulah sedikit gambaran dari gue tentang keindahan jalur torean. Aslinya jauhhhh lebih bagus!

TEKS/FOTO OLEH @ANGGAAAAAR  

#EITEAM

About ANGGAR

No Comments Found

Leave a Reply