Keramahan Kota Surakarta Menyambut Torch Relay Asian Games 2018


1
17 shares, 1 point

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kota Solo, adalah sebuah kota yang damai, penuh semangat dan berlimpah akan kebudayaan serta keramahtamahan. Merupakan tempat dimana kamu bisa menikmati berbagai tempat wisata menarik dengan suasana tradisional dan berbalut kebudayaan. Pada hari ini rute Torch Relay Asian Games 2018 melewati Kota Surakarta ini.

Disini, banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota Solo atau Surakarta lho! Penasaran? Berikut ini adalah beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di Kota Solo.

1. Pasar Klewer
Buat kamu yang pengen berwisata belanja tradisional, pastikan kamu berkunjung ke Pasar Klewer. Pasar Klewer merupakan pusat perbelanjaan kain batik dan tekstil terbesar di Kota Solo. Konon, nama Klewer diambil dari cara berjualan mereka di Kaman dahulu, yakni dengan digantung secara acak atau disebut juga “Klewer”.

2. Monumen Slamet Riyadi
Monumen Slamet Riyadi adalah sebuah bentuk perhargaan tertinggi kepada Slamet Riyadi. Patung Slamet Riyadi dibangun di tengah kota Solo, tepatnya di ujung jalan Slamet Riyadi sebelah timur yang berbatasan dengan Kawasan Gladak dan dekat dengan Kraton Kasunanan Surakarta. Monumen Slamet Riyadi berbentuk patung setinggi 7 m dengan tinngi alas 4 m, dibuat dengan bahan perunggu, dan diresmikan pada 12 November 2007. Slamet Riyadi divisualisasikan dalam sikap berdiri mengacungkan pistol secara natural menghadap ke Barat.

3. Taman Balekambang
Untuk sekedar bersantai ria dan menikmati udara segar, Solo punya Taman Balekambang nih. Ada dua nama yang disematkan pada taman ini. Yang pertama adalah Partini Tuin (Taman Air Partini), sementara yang kedua adalah Partinah Bosch (Hutan Partinah). Di Partini Tuin, terdapat sebuah kolam besar dan sebuah kolam renang dengan dua buah balai. Balai pertama bernama Bale Apung. Sedangkan Partinah Bosch merupakan taman indah yang menyimpan berbagai koleksi tanaman langka, seperti beringin putih, beringin sungsang, kenari, serta ada pula berbagai jenis satwa. Pengunjung pun dapat duduk-duduk santai di bangku-bangku yang disediakan di sekitar area taman. Untuk masuk ke taman ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung cukup membayar tiket parkir.

4. Masjid Agung Surakarta
Masjid Agung Surakarta adalah peninggalan Kerajaan Mataram. Masjid Agung Surakarta terletak di dekat Keraton sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal raja, alun-alun sebagai pusat aktivitas masyarakat, dan pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi. Masjid ini terletak di sebelah barat alun-alun lor (utara). Bangunannya berdiri megah, dengan arsitektur kuno yang memadukan unsur Jawa, Eropa dan Timur Tengah.

 

5. Keraton Solo
Keraton Kasunan Surakarta terletak di pusat kota Solo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Pembangunan keraton dilakukan dari tahun 1743 hingga 1745. Konstruksi bangunan keraton menggunakan bahan kayu jati yang diperoleh dari Alas Kethu di dekat kota Wonogiri.

#TorchRelay2018 #AsianGames2018#SukseskanAsianGames2018
#ExploreIndonesiaForAsianGames2018
#ExploreIndonesia @asiangames2018


Like it? Share with your friends!

1
17 shares, 1 point

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals