Collaboration

OVER THE LENS EAST JAVA

 

VIEW KAWAH BROMO PHOTOGRAPHY BY @JONAHGOH

Bulan maret menjadikan waktu yang sangat tepat untuk  berkolaborasi dengan  @EigerAdventure  menjelajah Destinasi Terbaik Di Jawa Timur,  yaitu Gunung Bromo, Kota Lumajang dan Kawah Ijen, Perjalanan kali ini dengan Travel Photographer dari Singapore @Jonahgoh.

Gunung Bromo

Siapa yang tak mengetahui destinasi terbaik dan merupakan ikon dari Provinsi Jawa Timur yaitu nama Gunung Bromo, Gunung ini memiliki ketinggian 2.330 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. sendiri berasal dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu atau dalam bahasa Tengger atau masyarakat menyebutnya dengan nama gunung “Brama”, Gunung Bromo sendiri adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia.

PERJALANAN MENUJU BROMO VIA MALANG Photo : @ExploreIndonesia Team

Gunung bromo mempunyai beberapa spot terbaik yaitu, Bukit Teletabis, Lautan Pasir, Kawah Bromo sebelum kawah bromo pas di depan gunung batok tersebut, berdiri sebuah pura yang menjadi tempat beristananya Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Luhur Poten Gunung Bromo. Pura ini menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Setiap setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo, selain itu ada gunung widodaren dan spot utama Penanjakan view point , dari sini kita bisa melihat kemegahan yang luar biasa yaitu gunung batok, gunung bromo serta mahameru terlihat berjajar secara horizontal menjadikan keunikan ini menjadi ciri khas tersendiri dari gunung gunung yang lain di Indonesia, Sebagai sebuah objek wisata, Bromo mempunyai daya tarik tersendiri karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 11 kilometer persegi. Waktu terbaik untuk menikmati view bromo dari spot penanjakan yaitu ketika sunrise antara jam 05.00 hingga jam 07.30 WIB, kita bisa melihat keindahan yang menakjubkan gunung bromo di selimuti dengan kabut jika beruntung dan hangatnya mentari pagi.

FOTO DARI SPOT BUKIT CINTA, Photo : @ExploreIndonesia Team

AKSES :

Untuk menuju ke Gunung Bromo ada tiga jalur pilihan diantaranya :

  1. Probolinggo via Tongas , berjarak 80 km dari arah Surabaya atau bias di tempuh selama 3 jam menggunakan mobil pribadi ataupun motor, jalur ini di rekomendasikan apabila memulai start dari Surabaya dan bisa menikmati Air Terjun Madakaripura yang berada sejalur dengan arah ke bromo.
  2. Nongko Jajar Pasuruan, berjarak 60 km dari kota Surabaya 2 jam 30 menit dan 30 km dari kota malang 1 jam 20 menit , ketika melewati nongko jajar pos masuk tiket adalah di desa wonokitri, bisa di tempuh dengan mobil pribadi maupun motor.
  3. Tumpang Malang , berjarak hanya 20 km meter dari pusat kota Malang bisa di tempuh 1 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi dan motor.

KAWAH BROMO DARI VIEW PENAJAKAN, Photo : @ExploreIndonesia Team

AKOMODASI :

  • Persewaan jeep di mulai dari harga 600-800 ribu rupiah jika melewati jalur Probolinggo dan Nongko Jajar serta 800 ribu rupiah -1 juta apabila melewati jalur Tumpang malang.
  • Persewaan Motor Trail 250 Ribu Rupiah.
  • Tiket masuk 25.000 ribu rupiah dan 250.000 ribu rupiah untuk tiket wisatawan mancanegara.

SPOT TERBAIK :

  1. Penanjakan View Point

Merupakan Spot Sunrise Terbaik jika berkunjung ke Gunung Bromo, waktu Terbaik adalah pagi hari jam 05.00-07.30 WIB untuk dapat menikmatinya kita bisa berangkat dari Surabaya maupun Malang pada jam 23.00 Malam dari Surabaya atau jam 24.00 Dini hari Dari Malang dan sampai Di Bromo Jam 02.00 Pagi Setelah itu Oper Menggunakan Jeep bila menggunakan mobil Pribadi atau langsung dengan kendaraan bermotor, di bawah spot penanjakan ada Bukit Kingkong dan serta Argowulan, Spot Argo Wulan bisa dinikmati dengan tracking selama 15 menit dari bawah bukit kingkong, melaluinya hanya dengan mengikuti jalan setapak kaki. Bukit Cinta bukit cinta ini terletak sebelum tikungan tajam sesudah bukit kingkong berada di sebelah kiri ada jalan setapak dan hanya memerlukan 5 menit saja view yang kita dapat adalah Punggung naga dan gunung batok serta sebelah selatan bisa melihat Gunung Widodaren yang menakjubkan.

  1. Seruni Point

Selain penanjakan terdapat view menikmati sunrise di sisi lain yaitu Seruni Point , berada dekat dengan jalur dari probolinggo, jadi ketika menikmati sunrise bia di pilih antara seruni point atau Penanjakan view Point karena tak bisa bersama an mengingat waktu jarak tempuh yang lumayan jauh antara kedua tempat tersebut.

  1. Punggung Gunung Widodaren

Setelah menikmati sunrise kita bisa mendekat ke Punggung Gunung widodaren kemegahannya mempunyai ketinggian sekitar 2164 di atas permukaan laut , tak hanya itu di gunung ini terdapat goa , memerlukan waktu 2 jam untuk trekking, di tengah perjalnan kita di suguhkan pemandangan yang luar biasa dari atas , padang savana sebelah kiri dan kanan panorama keindahan gunung batok , setelah trekking yang melelahkan semuanya terbayar dengan pemandangan yang tampak dari punggung bukit menuju Gua Widodaren ini.

VIEW GUNUNG WIDODAREN,  Photo : @ExploreIndonesia Team

objek ini lebih merupakan ceruk daripada gua. Tetapi oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gua Widodaren. Ketika mulai memasuki bibir gua, pengunjung patung pemujaan yang terdapat di pintu masuk gua. Di dalam gua Widodaren ini, terdapat sumber mata air yang dikeramatkan masyarakat setempat. Sumber mata air ini tidak akan pernah kering sepanjang waktu. Dipercaya sakral dan suci karena sumber mata air tersebut mengalir langsung dari Widodaren. Masyarakat sekitar percaya bahwa air dari sumber tersebut bisa membuat awet muda dan memberikan jodoh bagi mereka yang masih menjomblo. Penasaran ? cobain deh kalau berkunjung ke Gunung Widodaren ini.

  1. Gunung Batok

Gunung batok terletak persis didepan gunung bromo , untuk menuju puncaknya hanya memerlukan waktu 2 jam 30 menit , sangat di anjurkan ketika musim hujan , ketika musim kemarau banyak sekali debu yang mengganggu ketika melakukan tracking. Di puncaknya kita bisa mendirikan tenda tapi tak di sarankan untuk menginap karena terlalu dekat dengan kawah gunung bromo untuk sekedar mengambil foto saja untuk beberapa jam sangat bisa di lakukan. View kemegahan Gunung Bromo Terlihat jelas dari Spot ini.

  1. Kawah Bromo

Berjarak 1,8 km Untuk menuju kawah bromo memerlukan waktu traking selama 1 jam 20 menit dan bisa menyewa kuda dari parkiran jeep dengan biaya 150 ribu rupiah. Untuk foto saja hanya 10 hingga 20 ribu rupiah, menuju kawah bromo sudah di lengkapi dengan toilet umum. Serta melewati Pura Luhur yang Suci dan merupakan Tempat beribada Suku Tengger dan umat Hindu di Sekitar kawasan TNBTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

  1. Pasir Berbisik

Sebab di sebut dengan pasir berbisik karena lautan pasir ini ketika tersapu oleh angina menimbulkan suara seperti bisikan oleh karenanya padang pasir ini di juluki dengan pasir berbisik serta lautan pasir yang lembut membuat struktur yang eksotis menjadikan tempat ini jujukan para fotografer untuk mengabadikan foto terbaiknnya.

  1. Bukit Teletabis

Pesona Bukit Teletabis memang tak ada habisnya, destinasi ini menjadikan tujuan wajib di setiap pengunjung Gunung Bromo, dengan view layaknya di Film Teletabis , bukit bukit hijau yang membentang luas sangat luas sepanjang pandangan mata sangat memanjakan pengunjung dan saying untuk dilewatkan , bukit teletabis ini merupakan jalur pertama ketika pengunjung melewati jalut Tumpang Malang.

LUMAJANG

Lumajang kota ini dikenal dengan kota “Pisang Raja” , tak hanya itu kota ini juga penghasil pertanian terbaik berupa buah salak dan teh serta kopinya yang khas , Bertepatan dengan lereng gunung semeru menjadikan lumajang patut di perhitungkan dalam sector destinasi wisatanya mulai dari perkebunan, Air terjun, Perbukitan sampai lembah lembah yang membentang luas di seluruh dataran lumajang , Yakin enggak mau ke lumajang? Apalagi di kaki gunung semeru.

 

Kota lumajang adalah surga nya air terjun, ada beberapa air terjun yang bisa di katakan itu sebagai unreal waterfalls! Loh why? Yaps karena begitu sangat indah nya di anggap sebagai tidak nyata atau fana. Untuk menuju lumajang arah pronojiwo tidaklah mudah melewati kelok kelok yang bertubi-tubi ,tapi jangan khawatir akses jalannya sudah sangat bagus, untuk ke pronojiwo kita akan melewati jalur yang merupakan merupakan satu jalan bagi para truk pasir untuk memuat dan mengirim pasir dari lahar dingin semeru, jalanan berkelok dan sedikit menanjak banyak turun nya ini menjadi tantangan tersendiri. Jadi harus lebih berhati-hati Satu hal lagi yang membuat mata terpana bak indah nya senyuman mu yang membuat hati terpesona, eak baper lagi 😂, tempat air terjun ini saling berdekatan loh. Kok bisa? Percaya saja sama tuhan, dia lah maha segala mendekatkan. Apalagi jodoh. Wkwkkw Dari satu titik tempat ke tempat lain hanya berjarak 2-5 km. Bayangkan jikalau dalam satu hari atau dua hari berkunjung kesana. Pasti dapat banyaaaak tempat Apalagi semua air terjun nya itu keren-keren. sekeren Sylvester stallone ketika menjadi Rambo dan yang paling menawan adalah semua itu ciptaan dari tuhan.

Kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan nya. Okelah, Pertama kita mulai dari air terjun kabut pelangi, salah satu air terjun dengan intensitas air nya begitu besar dan tinggi menjulang. Air terjun ini berada di desa pronojiwo kab. Lumajang, sangat mudah untuk menuju ke tempat ini di karenakan jalan sudah bagus dan ketika treking tidak menghabiskan waktu lama dan bervariasi , Destinasi terbaik untuk sector Air Terjun ada 4 yang paling memukau yaitu Air Terjun Tumpak sewu, Air Terjun kabut Pelangi, Air terjun Kapas Biru , dan Air Terjun Sriti.

AKSES

Untuk menuju Kawasan Air Terjun terbaik yang dimiliki kota Lumajang ada dua akses yaitu :

  1. Via Probolinggo dilanjut masuk ke Lumajang kota, dari kota Surabaya memerlukan waktu selama 6 jam dengan mobil pribadi ataupun motor.
  2. Via Dampit berjarak 80 km dari pusat kota malang atau bisa di tempuh selama 3 jam 30 menit menggunakan mobil pribadi atau motor.

DESTINASI TERBAIK

TUMPAK SEWU

The Magical Jungle From the East begitu semua orang yang sudah melihat kemegahan dari Air Terjun ini, “Tumpak Sewu” atau yang juga kerap disebut “Tebing Nirwana” di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keunikan yang membuat setiap orang melihatnya pasti terkesima,

Memiliki karakteristik yang berbeda dengan air terjun pada umumnya berbentuk setengah lingkaran dan di kelilingi hijaunya khas hutan tropis Indonesia, Sumber air terjun in berasal dari satu sungai bisa di lihat dengan adanya aliran yang paling besar, sedangkan aliran yang lebih kecil berasal asli dari sumber, tak hanya itu tebing warna coklat menjadikan air terjun ini tampak sangat unik dan istimewah, Selama perjalanan kita di suguhkan oleh pemandangan kiri kanan berupa kebun buah salak dan Kelapa yang menjulang tinggi khas dengan hutan tropis yang ada di Indonesia.

 

Tumpak Sewu memiliki ketinggian 130 meter, sangat indah dinikmati ketika di sore hari karena aka nada kabut yang menyelimutinya ketika di pagi hari aka nada pelangi berasal dari bisan matahari yang terkena deburan dahsyatnya ari terjun ini.

AKSES

Tumpak Sewu ini memiliki 3 view yang sangat mengagumkan. Pertama view panorama dan traking ke bawah , view panorama ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja dari area parkir , dan langsung bisa menikmati kemegahan Tumpak Sewu dari atas.

View kedua bisa dinikmati melalui akses jalur malang panoramanya tak kalah indah dari view panorama, biasa disibut dengan “Coban Sewu”. Dari View ini kita bisa menikmati Air Terjun dari arah selatan, dan lebih dekat dengan kemegahan air terjun ini.

Dan terakhir view ketiga yaitu menikmati Air Terjun ini dari bawah , memerlukan waktu selama 1 jam untuk trekking ke bawah, usahakan memakai sandal atau sepatu yang anti slip karena medan yang sangat licin dan melewati aliran sungai, selama perjalanan adrenalin kita tertantang dan akan di suguhkan panorama tebing tinggi menjulang selayaknya berada di film jurrasic Park. Sangat menarik bukan?.

AKOMODASI

  • Tiket masuk 10.000 rupiah per orang
  • Tiket parkir 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 untuk motor
  • Sudah ada guest house di sekitar Tumpak Sewu dari jalur lumajang per orang 50.000 rupiah untuk satu malam , dan biaya 15.000 tambahan untuk menu sekali makan.

 

KAWAH IJEN

Gunung Ijen ini sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999.

 VIEW SAAT PERJALANAN MENUJU KAWAH IJEN , Photo : @ExploreIndonesia Team
Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

KAWAH IJEN, Photo : @Jonahgoh

Keunikan 

  • Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen dan termasuk kejadian yang abadi.
  • Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.

VIEW KAWAH IJEN, Photo : @ExploreIndonesia Team

 

  • Kawah dan Kandungan Sulfur Paling Tinggi Dunia.
  • Danau Sulfur Tertinggi di Indonesia
  • Hutan Mati yang unik akibat letusan Asap Asam Sulfat
  • Besi akan Berkarat selama kurang lebih 5 jam berada di area kawah 
  • Kondisi iklim yang Sangat Ekstrim di pusat Kawah
  • Setiap harinya ada sekitar 200 pekerja sebagai kuli panggul yang lalu lalang membawa bongkahan      belerang dengan cara dipikul dan termasuk pekerjaan paling berbahaya di dunia.

AKSES

– Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding  menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).  VIEW GUNUNG RAUNG DAN GUNUNG SUKET SAAT PERJALANAN KE KAWAH IJEN

– Dari Surabaya bisa di tempuh menggunakan mobil pribadi atau motor pribadi dengan jarak tempuh 450 km atau 8 sampai 9 jam.

– Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,8 km cukup berat karena menanjak.  Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, namun wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal. Atau dengan menggunakan ojek dengan biaya sewa pergi-pulang 700-800 ribu rupiah.

PER

PERJALANAN MENUJU IJEN, Photo : @ExploreIndonesia Team

AKOMODASI

– Kereta Surabaya – Banyuwangi Rp. 56.000, 00

– Bus Surabaya Banyuwangi Rp. 95.000, 00 (Bus Bisnis)

– Tarif Masuk Ijen Rp. 5000, 00 (domestik) hari biasa

– Tarif Masuk Ijen Rp. 10.000, 00 (domestik) hari libur

– Tarif Masuk Ijen Rp. 100.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa

– Tarif Masuk Ijen Rp. 150.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa

– Tarif Take Drone kebutuhan Komersil Rp. 10.000.000, 00

– Untuk Konsumsi produksi video drone pribadi ada perijinan semionggu sebelum take ke BKSDA

 

Ok, sampai jumpa di perjalanan selanjutnya Thanks for @EXPLOREINDONESIA @EIGERADVENTURE For Having me on Explore East Java.

Tak lupa juga untuk the best travel patner on this journey

1. @jonahgoh

Travel Photographer dari Singapore yang bekerja di Cabin Crew Singapore Airlines, dan dalam trip ini Jonah sebagai Drone Pilot.

2. @Andybachtiar_

Adventurer dan Travel Photographer based Sidoarjo East Java. dengan khas moody nya dalam berbagai warna tak pelak menjadikan pria ini menjadi primadona di kalangan Instagramers Indonesia yang bergenre Adventurer dengan basic moody toners, tak heran jika Art Of Visual @ArtOfVisuals menjadikan salah satu Artistnya didalam fitur Aplikasinya.

 3. @FahmiAdimara  

Content Creator asli Sidoarjo ini merupakan Indonesia Local Guides Summit 2017 yang menjadi delegasi Indonesia untuk terbang ke kantor google di San Fransisco karena kontibusinya yang besar dalam Google Maps serta ribuan foto perjalanan yang sudah disubmitnya.

4. @Djani.us

babang sebutannya laki laki tulen ini berasal dari aceh dan merupakan Director dari @ExploreIndonesia dan juga Videografer.

5. @JoeAdimara_

Travel Blogger dan juga  Photographer ini sangat antusias dengan genre Nature, Dengan Warna yang khas dan lifestylenya menjadikannya sering mengisi workshop maupun Talkshow di berbagai kota di Indonesia

See You In The Next Collaboration

Lets See Our Video

 

 

 

About admin

No Comments Found

Leave a Reply