Destinasi Natuna

Melihat Harta Kabupaten Natuna di Museum Sri Serindit

Museum Sri Serindit menyimpan harta karun yang ditemukan di kawasan Kabupaten Natuna, Didirikan sejak tahun 2008 dan berada di naungan Lembaga Kajian Sejarah ( Lekas ) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri ).

Musium ini menjadi satu satunya Musium yang ada di Kabupaten Natuna, Museum ini menyimpan ribuan benda purbakala yang telah terdata, masih banyak benda-benda purbakala lainya yang belum terdata dengan jumlah kurang lebih 10.000 koleksi dan semuanya tersusun begitu rapi di museum Sri Serindit ini.

Koleksi museum ini kebanyakan keramik yang berusia ratusan tahun, umumnya berasal dari negara China, Belanda, Jepang dan  daerah daerah Kawasan Asia Tenggara Lainya,

Museum iini didirikan oleh Zaharudin yang biasa dipanggil Deng, Musium Sri serindid ini buka setiap hari kecuali hari jum’at dan menjadi pusat untuk rujukan para arkeologi Nasional untuk kawasan Laut Cina Selatan.

Nama Sri Sarindit itu Sendiri diambil dari nama Sebuah Pusaka yang berupa keris Datuk Kumbang, yakni  seorang salah satu tokoh yang berpengaruh di Kab.Natuna pada masanya.

Zaharudin atau Deng dahulunya adalah pemburu harta karun, Harta Karun yang didapat lalu dijual kepada kolektor asing. Bahkan Museum Sri Serindit itu sendiri dibangun dari penjualan kerangka monster laut Gajah Mina yaitu hewan mamalia langka sejenis paus.

Lokasi

Berada di Jl.Imam H.Ismail Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau

Comments

comments

No Comments Found

Leave a Reply

Skip to toolbar