Pantai Merah Afulu Pantai yang berada di Pulau Nias Utara


0
16 shares

Pantai Merah Afulu yang berada di Pulau Nias Utara ini juga menjadi salah satu pantai yang di kunjungi tim Kementerian Pariwisata, Pesona Id Travel dan Explore Indonesia dalam kegiatan Susur Nusantara ini. Kepulauan Nias yang di kelilingi dengan lautan yang luas ini memiliki berbagai macam pantai yang unik dan tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya, dan salah satunya adalah Pantai Merah Afulu.

Gawu soyo, begitulah warga sekitar menyebutnya yang artinya adalah Pantai Pasir Merah, karena di pantai ini terdapat pasir pantai  berwarna merah muda yang berbeda dengan pantai lainnya.

Uniknya lagi pasir yang berwarna merah ini hanya hanya membentang 1 km saja,  dan pasir pantai yang lainnya berwarna putih sperti dengan pasir pantai yang lainnya.

Lokasi Pantai Merah Afulu ini atau Gawu Soyo berada di Desa Ambolata Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara. Jarak lokasi Pantai Merah Afulu ini sekitar 80 km dari Kota Gunungsitoli, perjalanan menuju pantai ini bisa di tempuh dengan jalur darat, wisatwan bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Karena keunikan dan keindahan pantai ini lumayan banyak di kunjungi wisatawan saat liburan maupun akhir pekan, Dari kejauhan pasir merah ini sekilas terlihat seperti tanah liat yang berwarna merah namun saat kita menyentuhnya bukanlah tanag liat melainkan pasir yang sangat pekat dan halus sehingga pasir ini akan menempel di kulit kita saat menyentuhnya atau bejalan menelusuri pantai ini.

Menurut masyarakat sekitar ada sebuah legenda yang turun-temurun mengenai asal mula pasir di pantai ini berwarna merah , yaitu di di karenkan darah ular Harai yang di bunuh oleh atria Laowömaru di goa ular yang berada 8 km dari Gawu Soyo. Darah ular tersebut terciprat hingga ke desa Ombölata Afulu dan abadi hingga kini.

Sepanjang sisi Pantai Merah Afulu ini di hiasi dengan latar belakang pohon kelapa sehingga menambah keindahan dari pantai ini, bahkan para wisatawan dapat menikamtai keindahan pantai ini sambil merasakan kesegaran air kelapa muda di Pantai Merah Afulu ini. Pantai ini juga tergolong pantai yang masih sepi dan alami belum banyak para wisatawan yang mengetahui tentang keunikan dan ke eksotisan pantai ini, bagi kalian yang penasaran dengan Pantai Merah Afulu ini dapat segera mengatur jadwal untuk berkunjung ke sini.


Like it? Share with your friends!

0
16 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals