Explore Jawa Timur

Pesona Keindahan Bukit Jengger Kabupaten Mojokerto

pemandangan puncak bukit jengger
Bukit Jengger
Salah Satu Foto yang saya ambil Di Sekitar Bukit Mujung ( foto By @nurhadi_id)

Bukit Jengger memiliki ketinggian 1050 MDPL berada di Kecamatan Jatirejo – Mojokerto yang bisa dilalui dari Desa Nawangan Kec. Jatirejo – Mojokerto.

Di jalur Nawangan memerlukan waktu 2 jam untuk sampai ke puncak jengger dengan estimasi waktu 1 jam sampai di tempat camp B9 atau bukit mujung dan setengah jam dari camp B9 ke Puncak Jengger.

Surabaya – Basecamp

Kami Berangkat 10 orang dari Surabaya menuju Desa Nawangan Kec.Jatirejo kab.Mojokerto untuk menuju pos pendakian Ke bukit Jengger,sekitar jam 17.00 kami berangkan,awal perjalanan di temani hujan lebat dan angin kencang,Namum kami tetap yakin dan meneruskan perjalanan,Rute yang kami ambil adalah arah Sidoarjo – Ngoro – Mojosari-Jatirejo,Perjalanan kami sekitar 2 jam.

rute yang kita ambil menuju bukit jengger

Jalan Menuju Kec.Jatirejo sudah teraspal cukup baik, namum melewati hutan Jati yang cukup lebat sebelum memasuki desa nawangan,memasuki desa nawangan kami disambut Jalan yang rusak, makadan yang berserakan,dijalan ini salah satu motor kami mengalami kerusakan, sehingga harus didorong,

Basecamp – Bukit B9 Bukit Mujung

Akhirnya kami sampai basecamp sekitar pukul 19.20 Untuk basecamp/pos perijinan, disini adalah di rumah salah satu warga,dan tidak membayar tiket masuk, karena Area watu jengger belum di kelola oleh pihak perhutani,dan untuk pos parkir di kelola oleh warga sekitar dengan harga Rp.10.000 untuk yang menginap dan Rp.5.000 untuk yang tidak menginap.

Dari Pos tersebut mulai berjalan kaki memasuki hutan, pengunjung tidak perlu khawatir kesasar karena sudah banyak petunjuk arah untuk sampai ke puncak, sepanjang perjalanan terdapat tempat singgah berupa semacam kursi panjang yang terbuat dari bambu

Setelah menyiapkan perlengkapan,seperti headlamp dan lain-lain akhirnya kami berangkat melakukan pendakian sekitar pukul 20.00 ,Track dan medan pendakian pun Tidak terlalu nanjak, dan cukup bersahabat untuk yang pemula naik gunung,namun jika hujan turun harap berhati-hati karena track pendakian sangat licin,

Kami sampai di bukit Mujung/tempat camp Pukul 21.35,Tanpa istrahat terlebih dahulu,karena cuaca gerimis kami langsung mendirikan tenda,Setelah itu kami istirahat di tenda masing-masing,

Note : Untuk area Bukit Mujung/Area Camp hanya bisa didirikan tenda sekitar 4 buah jadi kalau ingin camp di tempat ini usahakan berangkat lebih awal/ pas tidak hari libur.

Kami terbangun sekitar jam 05.00 dan Alhamdulilah cuaca cerah sekali,sehingga view bukit jengger terlihat begitu indah. Berikut foto-Foto yang berhasil Kami abadikan

Tenda bukit jengger

tenda ( Foto By @Nurhadi_id )

Saran Jika ingin Mengambil Foto dan View Di bukit jengger Usahakan Pagi, kurang dari jam 07.00 Karena Di atas jam tersebut, Sering kabut dan menutup view  bukit jengger.

pemandangan puncak bukit jengger

View Di puncak Jengger

Salah satu View Terbaik Menurut saya yang ada di bukit jengger

Menikmati Keheningan dan udara dingin di Puncak Watu jengger

Itinerary Pendakian Puncak watu Jengger Via Desa Nawangan

Basecamp Pos 1 ( bukitt mujung B9 ) 1 jam

Bukut B9 Puncak jengger 30 menit

Cukup Sekian Cerita perjalanan kami di Puncak watu jengger, semoga Tulisan ini dapat membantu teman-teman yang ingin melakukan pendakian ke bukit jengger

Nurhadi Cahyo About Nurhadi Cahyo
Adventure Enthusiast 📐 Architect 📝 Contributor | @Exploreindonesia ✨ @indonesiaroamers | @eastjavaroamers 📍 East Java - Indonesia 🇲🇨

1 Comment

• @sulthonabdillah_

emang tempat yang bagus. boleh dicoba kembali kesini.