Destinasi Explore Jawa Timur

Pesona Tebing di Pantai Karang Bolong

Nama Pantai Karang Bolong banyak kita temukan di beberapa kota, seperti Kota Kebumen, Cilacap, Banten, dan di Anyer. Selain di kota-kota tersebut, Pantai Karang Bolong juga ada di Kota Pacitan.

Dinamakan Karang Bolong karena di pantai tersebut terdapat tebing berlubang seperti yang sering kita lihat di Uluwatu, Bali. Bahkan Pantai Karang Bolong sering disebut sebagai Uluwatunya Kota Pacitan.

Akses menuju pantai ini sama dengan akses jalan menuju Pantai Klayar. Hal ini karena Pantai Karang Bolong terletak tidak jauh dari Pantai Klayar. Bahkan tiket masuknya pun jadi satu dengan tiket ke Pantai Klayar.

Untuk menuju Pantai Karang Bolong, Anda bisa menyusuri jalur Pacitan-Solo ke arah obyek wisata Goa Gong. Setelah sampai di kompleks Goa Gong, ikuti jalan utama sampai ke perempatan Kalak, lalu belok kiri ke arah Sendang dan ikuti jalan sampai terlihat papan petunjuk ke Pantai Klayar.

Setelah sampai di pintu pembelian tiket Pantai Klayar, beloklah ke sebelah kanan, ikuti jalan, dan beberapa saat kemudian kita akan sampai di Pantai Karang Bolong.

Saat sampai di pantai ini, bayangan tentang hamparan pasir putih yang luas harus Anda hilangkan. Pantai Karang Bolong adalah sebuah tebing yang menjorok ke laut. Bagian bawah tebing ini berlubang karena bertahun-tahun dihantam oleh ombak laut selatan.

Pada bagian bawah tebing kita bisa langsung melihat air laut yang dalam dan berwarna hijau kebiruan. Angin yang berembus di tebing juga lumayan kencang.

Tebing pada Pantai Karang Bolong sangatlah curam dan tidak bisa dituruni. Jadi untuk Anda yang hobi bermain air laut, Karang Bolong bukanlah tempat yang tepat. Meskipun begitu, pemandangan alam dan panorama alami yang Anda lihat di pantai ini akan membuat Anda melupakan semua kekecewaan.

Jika berkunjung ke pantai ini saat musim hujan, Anda bisa melihat air terjun yang jatuh dari atas tebing menuju lautan.

Selain batuan karang berlubang, air terjun adalah daya tarik utama Pantai Karang Bolong yang eksotis. Rasa lelah saat menempuh perjalanan menuju Pantai Karang Bolong akan terbayar begitu Anda sampai di sini.

Di atas tebing terdapat dataran berumput yang luas hingga bisa digunakan sebagai tempat berkemah dan memarkir kendaraan.

Dari atas tebing Anda bisa melihat gugusan batu karang lain yang tidak kalah indah dari karang utama. Karang-karang tersebut juga berlubang karena air laut. Bahkan di bawah sebuah tebing kita akan melihat batu karang yang lubangnya berbentuk seperti sebuah gerbang menuju lautan.

Dari lubang tersebut, kita bisa melihat hamparan laut pantai selatan yang menawan. Spot ini adalah tempat terbaik untuk mengambil gambar dan selfie dengan orang-orang tercinta.

Sunset atau matahari terbenam adalah momen yang paling ditunggu oleh para pengunjung pantai Karang Bolong. Dari atas tebing pantai, Anda bisa menjadi saksi tenggelamnya bulatan matahari ke dalam Samudera Hindia. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langka ini sebagai kenang-kenangan saat Anda kembali nanti.

Jika ingin menghabiskan malam di sini, Anda bisa mendirikan tenda atau bermalam di penginapan-penginapan yang ada di area Pantai Klayar. Di daerah tersebut juga terdapat banyak warung dan penjual makanan. Sehingga kita tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan selama berada di Pantai Karang Bolong.

Satu hal yang patut kita ingat ketika berkunjung ke Pantai Karang Bolong adalah, untuk senantiasa menjaga kebersihan. Cintai anugerah yang Tuhan berikan pada kita dengan cara menjaga kelestarian dan kebersihan pantai ini. Jangan sampai kealamian Pantai Karang Bolong rusak hanya karena sampah yang kita bawa.

About Fahmikafabih

No Comments Found

Leave a Reply