tiket
Destinasi Explore Jawa Barat Explore West Java

REKOMENDASI AIR TERJUN KETIKA BERKUNJUNG KE JAWA BARAT

AIR TERJUN CIPARAY
tiket

TEKS DAN FOTO OLEH @PRYAJI

(#EXPLOREINDONESIATEAM)

 

Perjalanan kali ini akan bercerita bagaimana keindahan 3 air terjun yang berada di Jawa Barat oleh @Pryaji , yang berada di kabupaten Tasikmalaya ada Curug Ciparay, di Bandung Barat ada Curug Cimahi serta berada di Garut ada Sangyang Taraje.

Air terjun yang indah ini dikenal sebagai Curug Ciparay, Curug Dua Ciparay, atau Curug Kembar Ciparay. Memang, di sini ada dua aliran air terjun yang bersebelahan. air terjun dengan hidangan eksotis dan debit air yang cukup besar menarik banyak wisatawan lokal dari Tasikmalaya sendiri dan wisatawan luar. Akses ke air terjun ini bisa ditempuh sekitar dua jam dari pusat kota Tasikmalaya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. terletak di Desa Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, yang terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati pesona alam yang luar biasa dengan sajian suara gemuruh suara air terjun di tengah hutan hijau. Bagi yang ingin memotret keindahan di gunung sambil menikmati pesona air terjun ada tempat khusus yang terbuat dari bambu.

AIR TERJUN CIPARAY
AIR TERJUN CIPARAY
Curug Sanghyang Taraje Garut
Curug dalam bahasa sunda berarti air terjun. Sang hyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa/raja zaman dulu. Sedangkan taraje dalam bahasa sunda berarti tangga. Menurut dongeng dari warga sekitar, curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan.
AKSES
Curug Sang hyang taraje terletak kurang lebih 50 KM dari kota Garut, untuk menuju lokasi dari kota Garut, bisa mengambil jalan ke arah Cikajang. Di pertigaan sebelum kota Cikajang, ambil jalan ke sebelah kanan yang menuju ke Bungbulang. Tepatnya ada di wilayah kecamatan Pamulihan, desa Pakenjeng. Seperti umumnya daerah Garut selatan, tempatnya berbukit-bukit dan masih alami. Jalan menuju lokasi sudah di semen, bukan jalan tanah lagi. Di sekitar air terjun juga sudah lebih tertata. Ada beberapa bangku dan gazebo yang  bisa digunakan pengunjung.
AIR TERJUN SANGYANG TARAJE
AIR TERJUN SANGHYANG TARAJE
Curug Cimahi Kabupaten Bandung Barat
Curug atau juga Air Terjun Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Air terjun Cimahi ini mudah untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.
AKSES
Untuk menuju lokasi curug cimahi, anda bisa menggunakan banyak jalur alternatif baik dari arah Cimahi, pusat kota Bandung, ataupun dari Lembang. Salah satu akses paling mudah adalah melalui jalur Lembang – Parongpong. Anda cukup menyusuri jalur tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua dan melanjutkan perjalanan ke arah Cimahi sekitar 2 KM. Akses dari gerbang masuk menuju lokasi curug cimahi cukup baik, anda akan menyusuri tangga turun kurang lebih selama 15-20 menit dengan kondisi bagus dan terawat.
CURUG CIMAHI
CURUG CIMAHI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Pryaji aji

No Comments Found

Leave a Reply