RELIEF INDAH PERBUKITAN KEBUN TEH DI CUKUL – PANGALENGAN JAWA BARAT


0
17 shares

Perkebunan teh merupakan salah satu objek wisata favorit dikalangan masyarakat untuk sekedar pelepas kejenuhan dan merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Waktu favorit untuk mengunjungi perkebunan teh biasanya di pagi hari, Sembari menunggu matahari terbit ditemani kabut tipis yang perlahan menghilang.   salah satu lokasi yang banyak terdepat perkebunan teh adalah Pangalengan, Jawa Barat. Berada sekitar 3-4 jam perjalanan dari pusat kota Bandung, anda akan disuguhi pemandangan hijau sejauh mata memandang. terdapat 2 kawasan perkebunan teh di Pangalengan yaitu perkebunan teh Malabar dan Cukul. Masing – masing dikelola oleh PTPN VIII. Kedua perkebunan tersebut memiliki ciri khas masing – masing. Bila kalian mengunjungi perkebunan teh Malabar, kalian akan melihat hamparan perkebunan yang dominan mendatar seluas mata memandang. di kawasan tersebut juga terdapat sebuah situ bernama Situ Cisanti dan sebuah pemandian air panas Cibolang.

Nah, kalau kalian sudah bosan melihat perkebunan teh yang datar, kalian harus mengunjungi perkebunan teh Cukul yang memiliki kontur berbukit layaknya di dunia teletubies. sepanjang perjalanan kalian akan melihat perbukitan yang tinggi dan dipenuhi dengan tanaman teh. perkebunan teh cukul juga merupakan salah satu spot favorit untuk melihat moment sunrise. pemandangan dari atas bukit sangat lah indah. terlebih lagi jika kalian berkunjung kesini dan sedang berkabut di pagi hari. sinar matahari yang membias diantara pepohonan dan menembus kabut akan menjadikan sebuah pemandangan yang tak terlupakan.

Rute yang harus diambil untuk dapat mencapai lokasi ini adalah dengan melewati rute Bandung – Pangalengan melewati jalan terusan Kopo – Soreang atau jalan tol keluar di Pasir Koja dan dilanjutkan menuju arah pangalengan. Selanjutnya kalian akan menemukan pertigaan besar dimana bila kalian ambil arah kiri maka kalian akan menuju Perkebunan Teh Malabar, Situ Cisanti dan Cibolang. dan arah kanan tentunya kalian akan menuju Perkebunan Teh Cukul yang akan melewati Situ Cileunca. jalur ini merupakan alternatif menuju Garut selatan.

 

Tidak heran banyak wisatawan dari berbagai macam daerah mengunjungi lokasi ini hanya untuk sekedar menikmati hijaunya pemandangan dan mengabadikan moment sunrise yang menakjubkan.

 

Photo and Storyteller by Mohammed Farras

Lets Connect Instagram : @MohammedFarras

#EXPLOREINDONESIA

#EITEAM

Keep Explore And Clean !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0
17 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals