SEBAGAI PENDAKI WAJIB BERKUNJUNG KE ATAP PULAU JAWA “SEMERU’


0
16 shares

Gunung Semeru

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi bertipe Stratovolcano yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Gunung ini mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Posisi geografis Semeru terletak antara 8°06′ LS dan 112°55′ BT.

AKOMODASI

  • Lewat kota Malang dari terminal kota Malang naik angkutan umun menuju desa Tumpang.
  • Disambung lagi dengan menaiki kendaraan jeep atau persewaan, mulai harga Rp 1.000.000,- s/d Rp 1.500.000,- ribu rupiah untuk 6 sampai 8 orang dan hanya ada satu jalur dari Kec.Tumpang
  • Diperbolehkan membawa motor atau kendaraan pribadi lain, namun sangat tidak disarankan menggunakan motor metik
  • Tiket masuk wisatawan lokal Rp 17.500,- untuk hari biasa dan Rp 22.500,- untuk hari libur
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara Rp 207.500,- untuk hari biasa dan        Rp 307.500,- untuk hari libur
  • Untuk wisatawan yang ingin berkunjung dan melakukan pendakian di Gunung Semeru harus melakukan pendaftaran di Balai Besar TNBTS secara online di https://bokingsemeru.bromotenggersemeru.org untuk mendapatkan Surat Ijin Memasuki kawasan Konservasi (SIMAKSI)
  • Kuota untuk pendakian di TNBTS dibatasi sebanyak 600 orang/hari melalui pintu masuk Ranu Pane
  • Untuk syarat dan ketentuan lengkap serta tata cara reservasi dapat dilihat melalui website https://bokingsemeru.bromotenggersemeru.org

SPOT TERBAIK

  • Jembatan Merah

Merupakan jembatan yang menjadi penghubung Pos 2 ke Pos 3 di jalur pendakian Semeru. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi tersebut adalah a pagi hari.

  • POS 4

Merupakan pos terakhir sebelum mencapai area camping ground di Ranu Kumbolo spot terbaiknya berada di salah satu batu yang ada di pos 4 ini, dan waktu yang cocok untuk mengambil view disini pagi hari sekitar jam 06.00 s/d 08.00 dan sore hari sekitar jam 14.00 s/d 16.30 Perjalanan dari desa ranu pane untuk menuju lokasi ini sekitar 4 jam perjalanan.

  • Ranu Kumbolo

Spot yang sangat keren dan indah ini siapa yang tidak tau, bisa di sebut Desanya Para Pendaki atau Surganya gunung semeru, yaitu danau Ranu kumbolo danau yang sangat jernih dan bersih Momen terbaik adalah antara bulan Mei sampai Agustus karena pada bulan-bulan ini saat sunrise matahari bisa berada ditengah-tengah bukit yang ada di Ranu Kumbolo waktu terbaik untuk mengambil foto di danau ini sekitar jam 05.00 s/d 08.00.

  • Oro Oro Ombo

Meninggalkan kawasan Ranu Kumbolo menuju puncak, akan mendaki sebuah bukit terjal yang dinamakan “Tanjakan Cinta”. yang setelahnya akan dijumpai hamparan adang rumput yang sangat luas yang dikelilingi bukit – bukit indah disekelilingnya. Saat musim semi, bunga Verbena brasiliensis akan bermekaran berwarna ungu dan pada saat musim kemarau maka pemadangan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

  • Puncak Mahameru

Momen paling indah tentunya melihat pemandangan matahari terbit dari titik tertinggi pulau Jawa serta melihat hamparan lautan awan sejauh mata memandang. Serta gemuruh dari kawah Gunung Semeru yang sesekali mengeluarkan asap karena masih aktif yang menjadikan pemandangan semakin menakjubkan.

  • Yang perlu diperhaitkan ketika berada disini
  1. Air di danau ranu kumbolo sangat bersih dan jernih,sehingga bisa langsung diminum anda dilarang mandi,buang air dan berenang di danau ini.
  2. Tidak dibenarkan untuk segala macam jenis Vandalisme yang dilakukan di kawasan TNBTS serta merusak flora dan fauna yang ada dikawasan ini.
  3. Saat malam udara ranu kumbolo bisa mencapai minus 5 derajat Celcius.oleh karena itu penting bagi anda untuk membawa peralatan khusus untuk cuaca dingin.
  4. Bawalah kantong plastik sendiri khusus untuk tempat sampah. Jangan meninggalkan sampah di lingkungan TNBTS dan bawa turun kembali sampah masing – masing.
  5. Batas pendakian yang dianjurkan hanya sampai kawasan Kalimati. Dan perlu diingat bagi para pendaki yang ingin melanjutkan perjalanan sampai kepuncak Mahameru untuk tidak melebihi batas waktu siang hari.

Teks / Foto Oleh Explore Indonesia Team

@MOHAMMEDFARRAS


Like it? Share with your friends!

0
16 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals