tiket
Asian Games 2018 Collaboration Destinasi

Semarak Kota Santri Cianjur Menyambut Torch Relay Asian Games 2018

tiket

Kabupaten Cianjur dengan Ibukota yang terletak di Kecamatan Cianjur adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, serta Samudera Hindia di Selatan. Memiliki total populasi 2.149.121 jiwa (2007) dan luas wilayah 350.148 hektar. Hampir 45% lahan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, baik itu pertanian lahan basah maupun pertanian lahan kering. Maka tidak heran jika produk unggulan Kabupaten ini adalah beras. Beras yang diberi nama Pandan Wangi ini memiliki ciri khas aroma pandan dan rasa yang enak (Pulen), jika masa panen beras biasa hanya sekitar 3 bulan maka berbeda dengan beras Pandan Wangi yang lebih lama di panen yakni 5 bulan.

Curug Citambur dan Curug Luhur

 Tentunya tidak hanya beras saja yang menjadi unggulan Kabupaten ini. Dari sector wisata alam cianjur memiliki beberapa air terjun yang sangat indah dan masih asri. Air terjun citambur/curug citambur, curug dengan ketinggian kurang lebih 130 Meter ini berada di bagian selatan Cianjur tepatnya di Kecamatan Pasir Kuda. Memiliki debit air yang besar walau musim kemarau membuat curug ini tidak pernah sepi pengunjung, jika anda berencana untuk berwisata ke Curug Citambur ini anda cukup membayar tiket masuk Rp 10.000/orang dan Rp 3.000 untuk parkir motor.

Dari Kecamatan Pasir Kuda anda bisa meneruskan perjalanan ke Kecamatan Pagelaran arah Cianjur Kota jika anda ingin menikmati curug lainnya. Adalah Curug Ngebul dengan ketinggian sekitar 100 Meter, air terjun tersembunyi yang berlokasi cukup jauh dari jalan utama ini masih sangat asri karena letaknya yang berada ditengah hutan. Sayangnya fasilitas utama seperti jalan, masih sangat kurang bagus. Trek jalan yang bebatuan dan sempit membuat curug ini tidak dapat ditempuh dengan menggunakan mobil, sangat disarankan menggunakan motor trail dan sering bertanya kepada warga sekitar karena petunjuk arah masih sangat kurang untuk menuju curug ini.

Manisan Buah Khas Cianjur

 Jika berbicara mengenai makanan khas cianjur, tentu Manisan Cianjur adalah salah satunya. Berbahan dasar buah buahan mentah yang di rendam dan diawetkan berserta bahan pemanis lainnya. Manisan basah ini biasanya dibuat dari buah buahan seperti mangga, kedongdong, salak, nangka dan buah buahan keras lainnya. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan ini, anda bisa menemuinya disetiap sudut Kota Cianjur.

Lampu Gentur

Processed with VSCO with a9 preset

Salah satu keranjinan yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang adalah kerajinan Lampu Gentur, dengan berbahan kaca bepel yang menyerupai kristal lalu di buat menjadi sebuah lentera dengan rangka kuningan, steinless dan tembaga. Sayangnya tidak banyak toko di yang menjajal lentera ini, para pengrajin hanya membuat nya berdasarkan pesanan yang biasanya dikirim ke Bali, Bogor, Jakarta dan beberapa kota lainnya. Selatin dibuat lentera lampu, barang ini juga dibuat dalam dalam bentuk titarium yang berfungsi sebagai hiasan untuk tanaman kecil ataupun pasir hias dalam rumah. Pengrajin juga biasanya membuat lentera jenis lain seperti Lentera Maroko (Khas Maroko) yang berciri khas kaca warna warni.

Tugu Tauco Cianjur

Tauco adalah bumbu makanan khas Cianjur yang dibuat dari biji kedelai yang di fermentasi. Sebagai khas Cianjur, Tugu Tauco didirikan pada tahun 2017 oleh pemerintah kota dan hingga kini menjadi salah satu ikon kota Cianjur. Tugu Tauco bisa anda jumpai di pertigaan Jalan Hoc Cokroaminoto Cianjur.

About admin

No Comments Found

Leave a Reply