tiket
Destinasi

PANTAI INI BIKIN KAMU BETAH DI MALUKU !

tiket

Hai Hai Explorers kali ini coba menelisik Maluku gimana keindahnnya terutama di Pantai Ora, kali ini perjalnan Handri dan Yanuar akan mengekspose seluruh sudut Pantai Ora .

Untuk sampai di Pantai Ora yang terletak di Kecamatan Seram Utara, tepatnya di Maluku Tengah.

Yang saya tahu saat ini ada tiga cara untuk dapat sampai di Pantai Ora. Pertama; dari Kota Ambon anda bisa menyewa kendaraan, lalu memulai perjalanan menuju Pelabuhan Hanimua atau masyarakat biasa menyebutnya Pelabuhan Liang, kemudian naik kapal menuju Pelabuhan Waipirit (Pulau Seram), jadwal kapal di pelabuhan ini mulai dari pukul 08:00 s/d 21:00 dan beroperasi setiap hari. Setelah sampai di Pelabuhan Waipirit, lalu melanjutkan perjalanan ke arah utara Pulau Seram yakni Desa Saleman dengan menempuh jarak sekitar 180 km, oh ya! Desa Saleman merupakan desa dimana Pantai Ora berada, dengan hanya menyebrang menggunakan kapal kecil dari Desa Saleman kita sudah dapat sampai di Pantai Ora. Cara Kedua; dari kota Ambon menuju Pelabuhan Tulehu, sesampainya di Pelabuhan Tulehu naik kapal dengan tujuan Pelabuhan Masohi, di pelabuhan ini kapal hanya beroperasi sekali dalam sehari, setelah sampai di Pelabuhan Masohi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Saleman. Dan cara terakhir, ini cara termudah untuk sampai di Pantai Ora, yaitu dengan menghubungi pihak pengelola resort untuk menjemput di Bandar Udara Pattimura Ambon, karena biasanya paket tour ke Pantai Ora sudah termasuk antar jemput dari bandara.

Peta Pulau Seram Bungalow di atas air, pantai Ora Bungalow di atas air, pantai Ora Terumbu karang, pantai Ora Pantai Ora adalah suatu pantai yang terletak pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Pantai yang berlokasi di ujung barat teluk Sawai ini berada di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Pantai Ora memiliki karakteristik pantai yang berpasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang dengan kekayaan terumbu karang, ikan dan aneka ragam biota laut lainnya. Pantai Ora dan desa Sawai merupakan objek wisata di teluk Sawai yang setiap tahunnya dapat menyedot sekitar 500 dan bahkan lebih untuk tahun-tahun berikutnya  wisatawan dari dalam dan luar negeri .

Pantai Ora memiliki resort penginapan yang mengambang di atas pantai. Sementara di desa Sawai terdapat pondok wisata yang berada di antara pemukiman penduduk yang juga terapung di pantai. Berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai Ora antara lain wisata alam, wisata tirta, snorkeling, selam, wisata kuliner, jelajah gua dan fotografi.

Mencoba hal baru itu perlu, yang tadinya tidak suka sekarang jadi suka. Sama halnya dengan pengalaman saya di Manggarai Barat (Flores) waktu itu, sebelumnya saya tidak suka kopi, tapi setelah saya mencicipi kopi di Manggarai Barat, sekarang saya jadi mau minum kopi. Nah! Sekarang di Maluku, yang tadinya saya benar-benar tidak suka dengan buah Durian, disini saya “makan Durian”. Provinsi Maluku mungkin saat ini sedang banjir buah Durian, bahkan selama di perjalanan dari Kota Ambon menuju Desa Saleman mudah sekali untuk saya jumpai penjual buah Durian, harganyapun yah lumayan murah, meskipun harganya murah tapi rasanya tidak kalah dengan Durian mahal yang ada di IbuKota.

Mungkin dalam waktu seminggu atau sebulan saja tidak cukup untuk saya dan @yanuarrainsyah mengelilingi beberapa destinasi yang ada di Maluku, masih banyak sekali surga yang tersembunyi di tanah ini. Oh ya! Disamping itu tanah Maluku sangat kaya akan hasil bumi dan sumber daya alamnya, mulai dari rempah – rempah yang melimpah, sumber air yang tidak sulit untuk dijangkau, hewan ternak yang sehat, dan hasil lautnya. Bahkan di pelabuhan penyebrangannya saja saya jumpai ikan – ikan besar bertebaran di bawah kapal, ini menandakan ekosistem di tanah ini masih terjaga hingga saat ini.

Selama saya berada di Tanah Maluku membuat saya semakin bangga dan percaya, jika negeri kita ini sangatlah kaya! Mungkin itu adalah salah satu alasan kenapa Indonesia saat itu dijajah oleh bangsa – bangsa lain.

I was quite surprised to find out that today is Saturday. Well, when view like this happens daily, Saturday or Sunday doesn’t even matter anymore. Every day is a holiday *arrogant.

Hatupia Cliff, Ora Beach.
Maluku – Indonesia

Teks / Foto @Yanuarrainsyah @_Handrijay

#EITEAM

#EXPLOREINDONESIA

About HANDRI JAY
https://www.instagram.com/_handrijay/

No Comments Found

Leave a Reply