tiket
Destinasi Explore Jawa Timur

SPOT FOTO TERBAIK YANG DIMILIKI GUNUNG BROMO

tiket

MALANG

Gunung Bromo

Siapa yang tak mengetahui destinasi terbaik dan merupakan ikon dari Provinsi Jawa Timur yaitu Gunung Bromo, gunung ini memiliki ketinggian 2.330 meter di atas permukaan laut dan berada di dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo merupakan objek wisata utama di Jawa Timur. Bromo sendiri berasal dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu atau dalam bahasa Tengger atau masyarakat menyebutnya dengan nama gunung “Brama”, Gunung Bromo sendiri adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia.

Gunung Bromo mempunyai beberapa spot terbaik yaitu, Bukit Teletubbies, Lautan Pasir, Kawah Bromo, sebelum Kawah Bromo di depan Gunung Batok berdiri sebuah pura yang menjadi tempat beristananya Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Luhur Poten Gunung Bromo, pura ini menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Setiap setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo, selain itu ada Gunung Widodaren dan spot utama Penanjakan View Point, dari sini kita bisa melihat kemegahan yang luar biasa yaitu Gunung Batok, Gunung Bromo, serta Mahameru terlihat berjajar secara horizontal menjadikan keunikan ini menjadi ciri khas tersendiri dari gunung-gunung yang lain di Indonesia. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo mempunyai daya tarik tersendiri karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 11 kilometer persegi. Waktu terbaik untuk menikmati view Bromo dari spot penanjakan yaitu ketika sunrise antara jam 05.00 hingga jam 07.30 WIB, kita bisa melihat keindahan yang menakjubkan gunung Bromo diselimuti dengan kabut jika beruntung, dan hangatnya mentari pagi.

AKSES :

Untuk menuju ke Gunung Bromo ada tiga jalur pilihan diantaranya :

 

  1. Probolinggo via Tongas, berjarak 80 km dari arah Surabaya atau bisa ditempuh selama 3 jam menggunakan mobil pribadi ataupun Jalur ini direkomendasikan apabila memulai start dari Surabaya dan bisa menikmati Air Terjun Madakaripura yang berada sejalur dengan arah ke Bromo.

 

  1. Nongkojajar Pasuruan, berjarak 60 km dari Kota Surabaya 2 jam 30 menit dan 30 km dari Kota Malang 1 jam 20 menit , ketika melewati Nongko Jajar pos masuk tiket adalah di Desa Wonokitri, bisa ditempuh dengan mobil pribadi maupun motor.

 

  1. Tumpang Malang, berjarak hanya 20 km meter dari pusat Kota Malang bisa di tempuh 1 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi dan motor.

AKOMODASI :

 

  • Persewaan jeep dimulai dari harga Rp 000,- sampai dengan Rp 800.000,- jika melewati jalur Probolinggo dan Nongkojajar serta Rp 800.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- apabila melewati jalur Tumpang Malang.
  • Persewaan motor trail Rp 250.000,-
  • Tiket masuk Rp 25.000,- dan Rp 250.000,- untuk tiket wisatawan mancanegara.

SPOT TERBAIK

Penanjakan View Point

 

Merupakan spot sunrise terbaik jika berkunjung ke Gunung Bromo, waktu Terbaik adalah pagi hari jam 05.00-07.30 WIB untuk dapat menikmatinya kita bisa berangkat dari Surabaya maupun Malang pada jam 23.00 malam dari Surabaya atau jam 24.00 dini hari dari Malang dan sampai di Bromo jam 02.00 pagi. Setelah itu oper menggunakan jeep bila menggunakan mobil pribadi atau langsung dengan kendaraan bermotor, di bawah spot penanjakan ada Bukit Kingkong dan serta Argowulan, spot Argowulan bisa dinikmati dengan trekking selama 15 menit dari bawah Bukit Kingkong, melaluinya hanya dengan mengikuti jalan setapak kaki. Bukit Cinta terletak sebelum tikungan tajam sesudah Bukit Kingkong berada di sebelah kiri ada jalan setapak dan hanya memerlukan 5 menit saja. View yang kita dapat adalah Punggung Naga dan Gunung Batok serta sebelah selatan bisa melihat Gunung Widodaren yang menakjubkan.

Seruni Point

Selain penanjakan terdapat view menikmati sunrise di sisi lain yaitu Seruni Point, berada dekat dengan jalur dari Probolinggo, jadi ketika menikmati sunrise bisa dipilih antara Seruni Point atau Penanjakan View Point karena tak bisa bersamaan mengingat waktu jarak tempuh yang lumayan jauh antara kedua tempat tersebut.

Punggung Gunung Widodaren

Setelah menikmati sunrise, kita bisa mendekat ke Punggung Gunung Widodaren. Kemegahannya mempunyai ketinggian sekitar 2.164 m di atas permukaan laut. Tak hanya itu di gunung ini terdapat goa, memerlukan waktu 2 jam untuk trekking, di tengah perjalanan kita disuguhkan pemandangan yang luar biasa dari atas, Padang Savana sebelah kiri dan kanan panorama keindahan Gunung Batok. Setelah trekking yang melelahkan semuanya terbayar dengan pemandangan yang tampak dari punggung bukit menuju Gua Widodaren ini. objek ini lebih merupakan ceruk daripada gua. Tetapi oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gua Widodaren. Ketika mulai memasuki bibir gua, pengunjung patung pemujaan yang terdapat di pintu masuk gua. Di dalam gua Widodaren ini, terdapat sumber mata air yang dikeramatkan masyarakat setempat. Sumber mata air ini tidak akan pernah kering sepanjang waktu. Dipercaya sakral dan suci karena sumber mata air tersebut mengalir langsung dari Widodaren. Masyarakat sekitar percaya bahwa air dari sumber tersebut bisa membuat awet muda dan memberikan jodoh bagi mereka yang masih menjomblo. Penasaran? Cobain deh kalau berkunjung ke Gunung Widodaren ini.

 

Gunung Batok

Gunung Batok terletak persis di depan Gunung Bromo, untuk menuju puncaknya hanya memerlukan waktu 2 jam 30 menit, sangat dianjurkan ketika musim hujan, ketika musim kemarau banyak sekali debu yang mengganggu ketika melakukan tracking. Di puncaknya kita bisa mendirikan tenda tapi tidak disarankan untuk menginap karena terlalu dekat dengan kawah Gunung Bromo. Jika untuk sekedar mengambil foto saja untuk beberapa jam sangat bisa dilakukan. View kemegahan Gunung Bromo terlihat jelas dari spot ini

Kawah Bromo

Berjarak 1,8 km untuk menuju Kawah Bromo memerlukan waktu tracking selama 1 jam 20 menit dan bisa menyewa kuda dari parkiran jeep dengan biaya Rp 150.000,-. Untuk foto saja hanya Rp 10.000,- sampai dengan Rp 20.000,-. Sepanjang perjalanan menuju Kawah Bromo juga sudah dilengkapi dengan toilet umum. Serta melewati Pura Luhur yang Suci dan merupakan tempat beribadah Suku Tengger dan umat Hindu di sekitar kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Pasir Berbisik

Disebut dengan Pasir Berbisik karena lautan pasir ini ketika tersapu oleh angin menimbulkan suara seperti bisikan oleh karenanya padang pasir ini di juluki dengan pasir berbisik . Lautan pasir yang lembut membuat struktur yang eksotis menjadikan tempat ini jujukan para fotografer untuk mengabadikan foto terbaiknya

 

Bukit Teletubbies

Pesona Bukit Teletubbies memang tak ada habisnya, destinasi ini menjadikan tujuan wajib di setiap pengunjung Gunung Bromo, dengan view layaknya di Film Teletubbies, bukit bukit hijau yang membentang luas sangat luas sepanjang pandangan mata sangat memanjakan pengunjung dan sayang untuk dilewatkan, Bukit Teletubbies ini merupakan jalur pertama ketika pengunjung melewati jalur Tumpang-Malang.

 

Teks / Foto Oleh Explore Indonesia Team

@JOEADIMARA_

 

About JOE ADIMARA

No Comments Found

Leave a Reply