Asian Games 2018 Destinasi

Torch Relay Asian Games 2018 Telah Sampai di Negeri Atas Awan’ dari Sumatera Barat

LAWANG

Lawang merupakan daerah yang berada di dataran tinggi yang selalu diselimuti kabut tebal, tapi menyajikan pemandangan alam yang cantik. Hamparan danau Maninjau yang dikelilingi oleh perbukitan sebagai latarnya, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan bila explore ke Sumatra Barat.

 Puncak Lawang

Terdapat beberapa tempat yang menawarkan keindahan view danau Maninjau dari ketinggian ini, salah satunya Puncak Lawang yang berada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.Dari ketinggian sekitar 1.210 mdpl, para wisatawan dapat melihat hijaunya pepohonan yang mengitari danau dengan langit yang cerah memantul ke permukaan air danau. Pesona yang mendamaikan.Kabarnya, tempat ini juga menjadi lokasi escape para noni dan meneer Belanda. Di Puncak lawang juga terdapat penginapan, wahana bermain hingga tempat-tempat yang menarik untuk berfoto seperti adanya hutan pinus jarum.

Gula Tebu Lawang

Lawang juga terkenal dengan produksi gula tebunya, dalam bahasa Minangkabau disebut Gulo Saka. Proses pembuatannya masih terbilang tradisional dengan menggunakan tenaga kerbau untuk penggilingan air tebunya. Kegiatan ini sudah dilakukan turun temurun sejak zaman kolonial .Meskipun saat ini banyak juga yang menggunakan mesin. Sebagian besar masyarakat di daerah ini berkebun tebu. Hasilnya ada yang diolah menjadi gulo saka dan sebagiannya dijual keluar kota untuk menjadi es air tebu atau kebutuhan lainnya. Gula Tebu Lawang ini berwarna kecoklatan seperti gula merah dan ukurannya lebih besar sedikit.Jika berkunjung ke Lawang jangan lupa menyaksikan proses pembuatan gula tebu secara langsung. Seru dan menarik.

Silek Minangkabau

Silat atau Silek Minangkabau ini sangat terkenal. Dulu, silat menjadi bekal yang harus dikuasi oleh lelaki di Minangkabau saat hendak merantau. Dalam perjalannya, silat selain untuk olahraga bela diri juga memilki nilai-nilai seni yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Gerakan silat ini beradaptasi dari gerakan hewan yang ada alam. Bahkan membaur dalam gerakan tari-tarian khas Minangkabau seperti Randai. Kekhasannya ini menjadikan Silek Minangkabau diangkat menjadi film.

 Olahraga Paralayang

Lawang yang berada di daerah ketinggian ini menjadi salah satu spot terbang olahraga Paralayang di Sumatra Barat. Hembusan angin perbukitan yang sejuk, langit yang membiru dengan sekelilingnya landskap danau Maninjau yang ekostik. Suasana itu akan dirasakan ketika mencoba olahraga dengan peminat khusus ini. Menurut ceritanya, Lawang ini disebut-sebut sebagai tempat paralayang tebaik di Asia Tenggara. Sudah banyak event petandingan paralayang diselenggarakan di sini, baik skala nasional maupun internasional. Pengunjung pun bisa mencobanya, tentunya jika memiliki keberanian.

 

About admin

No Comments Found

Leave a Reply