Asian Games 2018 BALI

Torch Relay Asian Games 2018 Melewati Varijs Van Bally

Denpasar merupakan ibu kota provinsi bali yang memiliki motto atau slogan “Purradhipa Bhara Bhavana”, yang memiliki makna kewajiban pemerintah adalah meningkatkan kemakmuran Rakyat. Kota madya Denpasar mendapat julukan sebagai “Parijs van Bally” karena kota Denpasar mirip seperti kota Paris di Prancis yang merupakan pusat perbelanjaan dari berbagai produk fashion baik tradisional hingga modern. Kota Paris memiliki ikon Menara Eiffel yang indah, sedangkan Kota Denpasar memiliki ikon monumen Bajra Sandhi yang indah.

Monumen Bajra Sandhi

Denpasar merupakan ibukota dari provinsi Bali dan tentunya merupakan pusat pemerintahan, pusat perdagangan, pusat pendidikan, pusat industri dan pusat pariwisata yang terdiri dari 4 kecamatan, yaitu Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan, Denpasar Utara. Denpasar memiliki beberapa tempat wisata dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi seperti Museum Bali, Monumen Bajra Sandhi (Renon), Monumen Puputan Badung, dan Taman Budaya Ardha Chandra (Art Centre Bali). Namun yang menjadi iconic terkenal dari jantung kota Denpasar ini adalah Museum Bajra Sandhi. Monumen ini dibangun dan didedikasikan untuk perjuangan rakyat pulau Bali. Nama Bajra Sandhi berasal dari kata Bajra dan Sandhi. Bajra artinya Genta dan Sandhi artinya suci. Di lantai dua monumen terdapat museum yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Bali dari masa pra sejarah, perkembangan peradaban rakyat Bali, sejarah perkembangan kerajaan Bali, hingga jaman perjuangan rakyat Bali merebut kemerdekaan. Cerita perjuangan rakyat Bali ini digambarkan dalam 33 diorama.

Pantai Karang

Setelah membahas salah satu dari iconic kota Denpasar, kita beralih pada destinasi pilihan yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Sanur. Sanur terletak di wilayah Selatan Denpasar, jika dari museum Bajra Sandhi cukup memerlukan waktu 10 menit saja. Destinasi wisata yang terkenal di Sanur adalah pantainya, terdapat banyak sekali pantai disana, seperti pantai Sindhu, pantai Karang, pantai Matahari Terbit, pantai Mertasari, dan pantai Semawang. Best moment adalah saat kita bisa menikmati indahnya “sunrise” di pantai Karang. Pantai Karang juga memiliki karakteristik tersendiri, yaitu terdapat bale bengong di beberapa sudutnya dan tentu kita juga bisa melihat view gunung Agung jika cuaca cerah.

Kuliner Khas

Selain menikmati keindahan alam yang dimiliki Sanur, kita dapat mencicipi kuliner khas yang ada di sekitar pantai, yang lebih tepatnya ada di Jalan Segara Ayu, yaitu Nasi Ayam Men Weti. Warung sederhana ini menempati sebuah petak kecil di pinggir jalan dengan tempat makan yang sederhana dan ala kadarnya, walaupun tempat makannya kecil tapi warung ini memiliki banyak pelanggan yang rela mengantri. Selain Nasi Ayam Men Weti, kurang afdol rasanya jika tak mencicipi pula tipat cantok, rujak kuah pindang, lengkap dengan es dalumannya. Ketiga kombinasi ini sangat cocok untuk menemani santap siang kalian dan tentunya dapat dengan mudah kita jumpai di warung-warung yang special menjual makanan khas Bali.

 

Comments

comments

No Comments Found

Leave a Reply

Skip to toolbar