Asian Games 2018 Destinasi Lombok

Torch Relay Asian Games 2018 Menapaki Pesona Dewi Anjani

PULAU LOMBOK

Lombok adalah pulau dengan paket lengkap yang siap memenuhi hasrat liburanmu. Dua puluh tahun yang lalu mungkin tak banyak orang yang tahu tentang Pulau Lombok walaupun letaknya tidak jauh dari Pulau Bali. Memang tak seterkenal Pulau Bali, tapi Lombok tak kalah indah dari Bali. Ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi di Lombok yang menyuguhkan pesona keindahan alam , budaya dan keanekaragaman kulinernya. Ini adalah beberapa tempat yang wajib dikunjungi dan makanan yang harus dicoba jika berkunjung ke Lombok.

Gunung Rinjani

                Bagi para penikmat ketinggian, Pulau Lombok menjadi salah satu surganya para pendaki gunung. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertingggi kedua di Indonesia dengan titik tertinggi 3726m dari permukaan laut. Gunung yang masuk kedalam 4 wilayah kabupaten di Pulau Lombok ini menjadi salah satu dari 7summits Indonesia. Pendakian Gunung Rinjani merupakan objek wisata andalan di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Puncak Gunung Rinjani menjadi tujuan utama bagi sebagian besar pecinta alam dan pendaki gunung yang mengunjungi kawasan ini. Pada tahun 2016 tercatat sebanyak 93.018 wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Gunung Rinjani dan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

Suguhan keindahan panorama di gunung rinjani menjadikannya salah satu gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia. Salah satu pesonannya adalah Danau Segara Anak. Danau yang tercipta dari hasil letusan gunung purba Samalas ini memiliki ketinggian 2004m dari permukaan laut. Danau ini memiliki bentuk menyerupai bulan sabit dengan warna hijau tosca yang indah. Ditengah-tengah danau ini terdapat sebuah gunung aktif. Gunung Baru Jari yang dalam bahasa sasak memiliki arti gunung baru jadi. Danau segara anak juga menjadi sumber kehidupan di Gunung Rinjani. Selain sebagai sumber air bersih, terdapat banyak sekali ikan yang hidup di danau ini. Jadi jangan heran jika bertemu dengan para pendaki yang sengaja membawa alat untuk memancing ikan di gunung rinjani.

Pendakian Gunung Rinjani biasanya memakan waktu 4 hari 3 malam. Untuk sampai ke puncak rinjani umumnya para pendaki memilik jalur pendakian melalui Desa Sembalun dan Desa Senaru. Dua jalur pendakian ini adalah yang paling popular di kalangan pendaki dan merupakan jalur resmi pendakian Gunung Rinjani. Mendaki gunung rinjani tidaklah mudah, jalur pendakiannya cukup menantang dah menguras tenaga. Untuk itu dibutuhkan kondisi fisik dan persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian.

Air Terjun Tiu Kelep

 Nama Tiu Kelep berasal dari bahasa sasak, Tiu berarti kolam sedangkan Kelep berarti terbang. Air terjun Tiu Kelep terletak di dusun Batu Koq, Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).  Air terjung yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini memiliki ketinggian sekitar 42m dan letaknya berdekatan dengan Air Terjun Sendang Gila. Untuk sampai ke Tiu Kelep dapat di tempuh dalam waktu 2,5 jam dari Kota Mataram.

Setiap harinya Air Terjun Tiu Kelep selalu ramai didatangi pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Tak heran, ini karena Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun yang paling indah di Pulau Lombok.  Harga tiket masuk ke kawasan air terjun ini juga terbilang murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebersar lima ribu rupiah saja untuk wisatawan lokal dan sepuluh ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, bagi para pengunjung yang membutuhkan bantuan disini juga banyak orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu untuk sampai ke Air Terjun Tiu Kelep. Untuk sampai ke Air Terjun Tiu Kelep pengunjung harus berjalan kaki menuruni anak tangga kemudian dilanjutkan dengan menyusuri kawasan hutan lindung. Perjalanan untuk sampai ke Tiu Kelep cukup melelahkan, tapi akan terbayar lunas ketikan sampai di hadapan air terjun.

Dusun Sade

Suku asli yang mendiami Pulau Lombok adalah Suku Sasak. Sade adalah salah satu dusun yang masih melestarikan kebudayaan suku sasak. Dusun Sade terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Dusun Sade telah lama dijadikan sebagai desa wisata oleh Kementerian Pariwisata karena keunikannya dan Suku Sasak yang menghuninya.

Bentuk rumah di Sade masih tradisonal mencerminkan rumah suku asli sasak. Atap rumah terbuat dari alang-alang, temboknya dari anyaman bambu tanpa paku, sedangkan lantainya masih beralaskan tanah. Orang suku sasak menamakan bangunan tersebut dengan sebutan bale. Bale sendiri memiliki banyak jenis tergantung dari fungsinya. Ada sekitar 150 kepala keluarga yang menetap di Sade dan seluruhnya memeluk agama islam. Uniknya di Sade warga memilliki kebiasaan mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau atau sapi. Ini dikarenakan pada zaman dulu ketika belum mengenal plester semen mereka terbiasa menggunakan kotoran kerbau agak lantai kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu dengan mengoleskan kotoran kerbau dipercaya menjadikan lantai rumah terasa hangat dan terhindar dari nyamuk.

Di Sade anak gadis harus bisa menenun kain. Karena jika tidak bisa menenun maka ia belum dikatakan dewasa dan boleh menikah. Hal ini dikarenakan anak gadis ataupun para ibu nantinya diharapkan bisa membantu perekonomian keluarganya dengan menjual kain hasil menenun. Prosesi pernikahannya pun terbilang unik, dimana pasangan laki-lakinya harus membawa lari si gadis terlebih dahulu. kemudian perwakilan dari keluarga laki-laki menyapaikan kepada keluarga si gadis tersebut bahwa anak mereka telah dilarikan oleh si laki-laki tadi. Dan kedua belah pihak menentukan hari untuk dilaksanakannya upacara pernikahan yang sah secara adat dan agama.

Pantai Selong Belanak

Bagi kebanyakan orang, jika berbicara tentang Pulau Lombok yang terbayangkan adalah pulau dengan pantai yang indah. Berbicara tantang Lombok memang tidak lengkap jika tidak membahas tentang pantai. Di Pulau Lombok ada banyak sekali pantai. Dari yang ramai pengunjung sampai pantai yang masih sangat perawan pun ada di Lombok. Dari sekian banyak pantai di Lombok, ada satu pantai yang memiliki keunikan tidak biasa. Nama pantai ini adalah Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak ini masih termasuk dalam wilayah kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Hampir setiap hari Pantai Selong Belanak selalu ramai pengunjung. Ada yang datang hanya sekedar untuk berenang, ada juga yang sengaja datang untuk berselancar. Ombak di pantai ini cukup bagus untuk dijadikan tempat berlatih selancar. Di sepanjang pantai, selain dipenuhi oleh penjual makanan, ada juga beberapa tempat yang menyediakan jasa kursus berselancar.

Hamparan pasir putihnya yang lembut dan air laut berwarna tosca menjadikan Pantai Selong Belanak menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Lombok. Tapi, bukan hanya itu yang menarik dari pantai ini. Moment melintasnya puluhan ekor kerbau di pinggir pantai saat menjelang matahari terbenam adalah adalah atraksi yang paling ditunggu-tunggu wisatawan. Bahkan ada yang sengaja datang sore hari hanya untuk dapat menyaksikan kerbau-kerbau ini melintas. Bagi sebian wisatawan moment ini adalah  sesuatu yang jarang sekali terjadi, bahkan tidak dapat ditemukan di pantai-pantai lain. Kerbau-kerbau ini biasanya melintas sebanyak dua kali dalam satu hari, yaitu pagi hari saat kerbau ini digembalakan dan sore hari saat waktunya kembali ke kandang.

Ayam Bakar Taliwang

Berwisata ke suatu tempat memang tak terasa lengkap jika tidak mencicipi sajian kuliner khas nya. Jika berkunjung ke Lombok, maka tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi ayam bakar taliwang. Ayam bakar taliwang ini berbahan dasar ayam kampung muda yang dibakar dengan bumbu dan disajikan dengan bumbu sejenis kari yang terbuat dari santan kelapa. Menikmati ayam taliwang lebih nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat dan pelecing kangkung. Resep ayam taliwang petama kali diperkenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang, Cakranegara yang kemudian menjadi asal nama ayam taliwang ini. Seiring berjalannya waktu kenikmatan ayam bakar taliwang kian populer, hampir di setiap sudut Kota Mataram terdapat warung yang menyediakan ayam bakar taliwang.

Comments

comments

No Comments Found

Leave a Reply

Skip to toolbar