Torch Relay Asian Games 2018 Singgah Di Kota Perjuangan


0
16 shares

BUKITTINGGI

Bukittinggi sebagai salah satu daerah wisata yang favorit dikunjungi oleh para traveller yang sedang berlibur di Sumatra Barat. Ada beragam destinasi wisata yang dapat di explore, kekayaan alamnya, nilai historisnya hingga budaya dan kuliner yang khasnya.

Jam Gadang

Kota yang berhawa sejuk ini dipagari oleh gunung Marapi dan gunung Singgalang yang menawan. Daerah yang dulunya bernama Fort de Kork ini memiliki banyak peninggalan bersejarah. Bahkan keberadaanya menjadi ikon dari Kota Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Jam Gadang merupakan bangunan cagar budaya yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda sejak 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda. Berwisata ke Kota Bukittinggi tidak lengkap bila tidak berkunjung ke Jam Gadang.

Menariknya, mesin Jam Gadang ini cuma hanya ada dua di dunia di Bukittinggi dan Big Ben London. Kondisinya masih asli. Kemudian angka pada jam ini dengan huruf Romawi dan biasanya huruf Romawi empatnya ditulis IV, tapi ditulisnya IIII. Jam Gadang berada di jantung kota dan selalu ramai dikunjungi di segala kesempatan oleh para pelancong

Panorama Ngarai Sianok

Kota Bukittingi memiliki pemandangan alam lembah yang menawan. Membentang jauh dengan lembah yang curam (ngarai) dan tinggi, tapi memiliki pesona tersendiri. Mengalir di tengahnya Batang Sianok yang menyuburkan dan menghijaukan sekitarnya, sehingga lembah ini diberi nama Ngarai Sianok.  Ngarai Sianok ini berada antara perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Lembah ini memanjang dan berkelok sejauh 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan kedalaman sekitar 100 m. Sejak zaman Kolonial Hindia Belanda keberadaan Ngarai Sianok ini sudah kesohor. Ngarai ini terbentuk akibat patahan gerakan lepeng bumi berjutaan tahun lalu yang kemudian menciptakan keindahan alamnya yang membuat siapa saja yang melihatnya akan terhipnotis. Para wisatawan yang datang ke Kota Bukittinggi selalu mengunjungi destinasi favorit ini, baik sekedar berfoto atau menikmati karunia tuhan ini.

Songket Pandai Singkek

Tidak jauh dari Kota Bukittinggi, terdapat daerah yang dikenal dengan hasil kerajinan tenun songket khas Minangkabau yakni di Nagari Pandai Singkek. Sudah banyak motif kain songket yang dihasilkan karena memiliki ciri khas tersendiri dari kain songket lainnya. Wajar saja menjadi buah tangan yang selalu diburu para pelancong yang datang ke Sumatra Barat. Kain songket ini memiliki nilai yang sangat tinggi bagi masyarakat Minangkabau, karena buka sebatas hasil kerajinan saja, tapi sudah menjadi perangkat yang digunakan saat upacara adat atau penymbutan tamu-tamu penting.  Songket Pandai Singkek sudah banyak dikreasikan dengan berbagai jenis busana yang dipadupadankan menjadi hasil karya fashion yang bernilai tinggi.

Nasi Kapau

 

Nasi Kapau merupakan kuliner tradisional Minangkabau yang dapat ditemui di Kota Bukittinggi. Makanan ini memiliki keunikan tersendiri dimulai dari penyajiannya cara mengambil lauk pauknnya hingga beragamnya jenis lauk pauknya. Sungguh menggugah selera. Dalam  tiap sajiannya, nasi kapau ini terdiri dari satu lauk pauk, kuah gulai, potongan dendeng, samba lado merah, samba lado ijau teri dan yag jadi pemikatnya gulai sayur cubadak (nangka), kol dan kacang panjang. Lauk khasnya Tambusu (campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi), dendeng, gulai ikan rayo talua dan rendang ayam. Nama Kapau itu berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam yg dikenal pandai meracik makanan. Nasi Kapau ini juga bisa disebut dengan nasi rames-nya Minangkabau dan beda loh dengan Nasi Padang.

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0
16 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals