tiket
Asian Games 2018 Destinasi

Torch Relay Asian Games 2018 Singgah di NEGERI Keris Siginjei

tiket

NEGERI JAMBI

Kota yang tak banyak yang terekspos ke publik, namun mempunyai keindahan dan keunikan yang masih terjaga hingga saat ini. Alam dan budaya yang senantiasa dipelihara, masih menjadi daya tarik tersendiri bagi Negeri Keris Siginjei ini.

Bak air yang meluncur dari surga, Telun Berasap sangatlah memukau mata. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci. Menurut masyarakat sekitar, nama Telun Berasap disematkan karena selalu ada kabut air tebal di sekitaran air terjun yang disebabkan hempasan air ke bebatuan sungai di bawahnya. Dan juga tak banyak yang tahu, bahwa di balik Air Terjun Telun Berasap terdapat goa. Akses ke goa ini masih sangat sulit, disebabkan derasnya Air Terjun Telun Berasap. Sehingga belum ada satu pun orang yang bisa menelusuri goa secara menyeluruh. Para wisatawan hanya bisa menikmati panorama Telun Berasap dari pondok yang dibangun di sekitaran air terjun atau mungkin jika berani, para wisatawan bisa langsung menikmati air terjun dari pinggir tebing Air Terjun Telun Berasap.

Tak terasa nikmatnya ke Jambi kalo belum mencoba makanan khasnya, Tempoyak. Tempoyak adalah hasil dari fermentasi durian. Masyarakat Jambi biasanya mengolah Tempoyak menjadi berbagai macam bentuk pangan, dari mulai gulai, sambal dan juga bisa langsung dijadikan cocolan layaknya saus. Biasanya juga, gulai atau sambal Tempoyak dipadukan dengan ikan sungai. Rasa asam menjadi khas tersendiri Tempoyak. Jika ingin menambah rasa pedas, tinggal menambah cabe ke dalam masakan.

Beranjak ke salah satu kabupaten di Jambi, yaitu Kabupaten Sarolangun. Ada rutinitas tiap tahun yang selalu hadir mewarnai akhir lebaran di Sarolangun. Lomba pacu perahu atau yang biasa disebut masyarakat sekitar sebagai balumbo biduk. Event ini biasa diadakan pada hari ke enam dan ke tujuh lebaran, tak jarang juga oada hari ke 10 dan 11 lebaran. Menurut masyarakat Sarolangun, lebaran belum selesai jika belum Balumbo Biduk. Tradisi turun temurun ini masih terjaga hingga sekarang. Lomba bergengsi antar kampung ini selalu meriah dan tak pernah sepi penonton. Balumbo biduk dilaksanakan di Sungai Tembesi, Kabupaten Sarolangun.

Jika membahas tentang Jambi maka tak akan ada habisnya. Bila kita melancong ke Kota Jambi, terdapat monumen menara kebanggaan warga Kota Jambi. Menara Gentala Arasy adalah menara yang dibangun di pinggir Sungai Batanghari. Menara setinggi kurang lebih 80 meter ini berlokasi di Jambi Kota Seberang. Jika ingin menuju ke Gentala Arasy, kita bisa menyebrang dari Taman Tanggo Rajo melalui jembatan unik yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Jembatan ini memiliki bentuk berliku menyerupai huruf S. Jika malam tiba, kerlap kerlip lampu memanjakan mata para pelancong Negeri Jambi. Juga terdapat museum di bawah Menara Gentala Arasy, yang di sana tersimpan bukti bukti masuk dan berkembangnya Islam di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

About admin

No Comments Found

Leave a Reply