tiket
Asian Games 2018 Collaboration Destinasi

Torch Relay Asian Games 2018 Telah sampai di Kota Tasbeh

tiket

Secara geografis Kabupaten Purwakarta berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten dengan semboyan Wibawa Karta Raharja yang berarti Berwibawa, Ramai, Sejahtera ini memiliki total populasi sebanyak 921.598 jiwa (2015). Berdasarkan data BPS Kab Purwakarta, Kab Purwakarta dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan relief bumi nya. Yakni wilayah pegunungan, wilayah perbukitan dan danau, lalu wilayah daratan.

Waduk Jatiluhur Dan Waduk Parang Gombong

Maka dari itulah muncul beberapa tempat/kawasan wisata yang tentunya patut anda kunjungi. Dari kawasan wisata alam pasti sudah tidak asing lagi dengan Waduk Jati Luhur, terletak di Kecamatan Jatiluhur dan dibangun sejak 1957 ini merupakan waduk terbesar di Indonesia sekaligus sebagai sumber utama pasokan air untuk air minum, irigasi, PLTA dan juga merupakan tempat pembudidayaan ikan kolam terapung atau karamba. Untuk pecinta fotografi alam Waduk Jati Luhur menyediakan sunset terbaik untuk berfoto. Dengan pemandangan yang luas, matahari terlihat sangat indah saat terbenam di sore hari.

Jika anda puas menikmati senja di Waduk Jati Luhur anda bisa meneruskan perjalanan menuju Waduk Parang Gombong. Cukup melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam dari Waduk Jati Luhur menuju Desa Kutamanah, Sukasari Kab Purwakarta. Disini anda bisa berkemah, bahkan jika cuaca sedang bagus anda bisa melihat gugusan bima sakti ketika malam tiba. Untuk berkemah di Waduk Parang Gombong ini ada beberapa peraturan dari warga lokal, salah satunya adalah tidak boleh terlalu berisik diatas pukul 18:00 warga sekitar percaya bahwa Waduk Parang Gombong adalah tempat bertinggalnya makhluk-makhluk gaib. Oleh karena itu menjaga kesopanan sangat diutamakan di tempat ini.

Sate Maranggi

Processed with VSCO with a9 preset

Jika berbicara mengenai Purwakarta, tentu tidak lengkap jika hanya membahas destinasi wisata alam nya saja. Sate Maranggi, makanan khas purwakarta ini biasanya dibuat dari daging Sapi atau daging Kambing dengan bumbu rendaman dari kecap manis dan rempah rempah membuat sate ini berbeda dengan sate pada umumnya. Tidak sulit untuk mencari hidangan nikmat ini, anda bisa menemuinya dimulia dari sudut pusat kota sampai perkampungan.

Boneka Menong

Tidak hanya soal wisata alam dan makanan, Purwakarta juga memiliki aneka cendera mata khas salah satunya adalah boneka Menong. Boneka keramik yang terbuat dari tanah liat ini diciptakan sejak sekitar tahun 1980 oleh pengrajin asal Kec Plered Purwakarta. Boneka Menong ini memiliki makna khusus, “Men” yang berarti manusia dan “Nong” yang berarti cantic. Oleh sebab itulah mengapa boneka Menong hanya berupa perempuan. Jika anda berniat membeli boneka ini sebagai buah tangan, anda bisa mencarinya  di sekitar Plered atau di Galeri Menong Purwakarta. Boneka Menong ini juga biasa disebut sebagai “Menong Nusantara”, hal ini disebabkan karena hiasan pakaian dan aksesoris yang terinspirasi dari Lampung, Kalimantan, Bali, dan juga Papua.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Satu lagi yang wajib anda kunjungi jika datang ke Purwakarta. Adalah Taman Air Mancur Sri Baduga yang terletak di kawasan Wisata Situ Buleud. Pertunjukan air mancur terbesar se Asia Tenggara ini bisa anda saksikan pada Sabtu malam pada pukul 19:30 dan 20:30 sampai saat ini pemerintah tidak memungut biaya tiket bagi siapa saja yang ingin menyaksikan pertunjukan Air Mancur Sri Baduga ini.

About admin

No Comments Found

Leave a Reply