Torch Relay Asian Games 2018 Telah sampai Di Serang, Banten


0
16 shares

PANTAI SAWARNA

Adalah pantai yang berada di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Desa wisata yang sedang naik daun di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara, Sawarna memiliki daya tarik karena banyak aneka ragam wisata, Banyak wisatawan domestik yang datang didominasi dari berbagai kota seperti Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Bandung dan sekitarnya. Selain memiliki banyak pantai yang indah, juga karena lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, itu sebabnya Sawarna dijadikan tempat alternatif untuk liburan, Sawarna kaya akan pemandangan alam yang indah yang meliputi pegunungan, gua-gua, sungai, dan pantai dengan pasir putihnya. Kawasan Pantai Sawarna dimulai dari Pantai Pulo Manuk Sampai Pantai Karang Taraje

MERCUSUAR ANYER

Belum lengkap rasanya berada di kota tepi selat sunda tanpa berkunjung ke bangunan bersejarah yang menjadi landmark sekaligus tempat wisata. Mercusuar Cikoneng terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer, Banten.. Dibalik tingginya yang menjulang, Mercusuar Anyer atau yang biasa disebut juga Mercusuar Cikoneng dibangun setinggi 75,5 m  dan ternyata memiliki sejarah panjang dibalik pembangunannya.

Menara ini memiliki sekitar 280 lebih anak tangga. Dibangun pada tahun 1885 oleh Belanda, konon dari sinilah titik nol yang menjadi awal pembangunan jalan dari Anyer (Banten)-hingga Panarukan, Jawa Timur. Maka mercusur ini menjadi landmark “Titik Nol Km”. Pada bagian puncaknya terdapat lampu yang berfungsi untuk penunjuk atau navigasi kapal-kapal yang melintasi perairan Laut Banten bagian utara. Jika menaiki menara ini, kalian akan melihat indahnya panorama dari ketinggian yang dahsyat. Pemandangan pesisir pantai yang menawan, panorama lautan lepas dengan kapal-kapal pesiar akan tersaji dari menara ini. Bahkan jika kondisi cuaca baik Gunung Anak Krakatau juga akan terlihat dengan jelas dari atas menara.

 

BATIK BADUY

Batik merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Batik menggambarkan kebudayaan, watak, karakter, dan kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Begitu pula dengan provinsi Banten. Provinsi ujung barat pulau Jawa ini memiliki ciri khas dan kebanyakan motifnya menggambarkan kehidupan masyarakat Banten. Inilah yang menjadi identitas Batik Banten hingga kini sudah mendunia. Salah satunya adalah Batik Baduy.

Orang Baduy merupakan kelompok masyarakat adat suku Banten di wilayah Kabupaten LebakBanten. Orang Baduy yang tinggal di pegunungan Halimun masih memegang teguh tradisi yang diwariskan oleh leluhurnya. Batik Baduy adalah cerminan dari kesederhanaan, keunikan dan nilai karya seni budaya yang lahir dari kearifan lokal masyarakat yang mendiami gunung Kendeng di pegunungan Halimun Utara, Batik Baduy memiliki corak kreweng terwengkal serta menggunakan warna dasar yang sederhana yaitu biru tua dan hitam. Yang menjadi ciri khas dan identitas batik Baduy adalah warna hitam dan biru terang yang mendominasi setiap helai kainnya, warna tersebut memiliki makna sebagai bentuk kecintaan masyarakat Baduy kepada alam. Batik Baduy sudah menjadi Ikon Pariwisata Lebak Banten.

NASI RABEG

Berkunjung ke sebuah kota dimana terdapat hidangan lezat, sangat disayangkan bila tidak mencobanya. Seperti kota Cilegon yang terdapat di Provinsi Banten, memiliki makan khas yang sangat mengundang selera. Mari kita berkenalan dengan makanan khas kota di tepi Selat Sunda ini, Rabeg. Rabeg adalah makanan khas Banten yang terbuat dari olahan daging kerbau, kambing ataupun sapi yang dicampur dengan potongan jeroan dan dimasak dengan bumbu kental dari racikan khas.

Rabeg merupakan kuliner yang diadaptasi dari kuliner Arab, berbahan dasar dari olahan daging dan jeroan yang dibumbui dengan racikan rempah-rempah yang khas. Seperti semur dengan aroma yang sangat sedap dan rasanya yang sangat gurih, pedas dan manis.

Rabeg biasanya disajikan dengan sepiring nasi uduk lalu dilumuri kuah kentalnya yang kaya rempah, dan ditambahkan dengan emping dan acar timun. Lalu ditaburi dengan bawang goring diatasnya. Cita rasanya yang begitu kaya rempah membuat Rabeg menjadi menu favorite bukan hanya bagi masyarakat Banten. Sajian khas Banten ini menjadi menu wajib disebuah acara hajatan bagi masyarakat Banten, seperti pada acara nikahan, khitanan, syukuran, dan acara hajatan lainnya.

Untuk dapat menyantap santapan lezat ini, kita dapat menemukannya di beberapa restoran bahkan hampir disetiap warung nasi uduk di Kota Cilegon hingga Serang. Dan harganya pun cukup terjangkau.

Berdasarkan penggambaran diatas, dapat dibayangkan bahwa kolesterol yang terkandung sangat tinggi, namun tidak perlu khawatir karena Rabeg tidak selalu menggunakan daging kambing, namun juga menggunakan daging sapi ataupun kerbau.


Like it? Share with your friends!

0
16 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals