Tradisi mentato Tubuh Masyarakat Kampung Sungai Utik


0
16 shares

Masyarakat Dayak Iban tidak bisa dipisahkan dengan tradisi mentato Tubuh, tato tubuh selain menjadi ciri khas  juga menjadi simbol keberanian masyarakat iban, nah yang paling terkenal di komunitas suku Dayak Iban dengan tatonya adalah masyarakat kampung Sungai Utik.

Tato pada masa lalu, digunakan untuk identifikasi masyarakat Dayak iban, saat terjadi perang suku, tato itulah yang nanti digunakan untuk mengenali siapa lawan dan siapa kawan dalam perang suku, Menurut masyarakat sungai utik tato selain menjadi hiasan badan , juga bisa menjadi symbol bahwa seseorang telah berbuat sesuatu “ pada seorang pria “ Misal telah membunuhnya atau menolon orang .

Setelah usai masa perang suku, tato dibuat untuk mengingat tempat-tempat perantaun katena pada masa itu tidak semua orang berani untuk keluar dan meninggalkan tempat tinggalnya .

Meskipu tato digunakan untuk mengingat tempat tempat istimewa yang pernah dikunjungi oleh masyarakat Dayak iban, bentuk tato atau gambar ternyata bukan hambaran tempat yang dikunjungi melainkan tato yang umum digunakan oleh komunitas masyarakat iban pada umumnya.

Ada beberapa bentuk tato  yang umunnya sering dipakai masyarakat, Merujuk pada tato yang pernah dipakai oleh nenek moyang orang iban. Gambar tato yang serin dipakai masyarakat Dayak diantaranya, ukir degug, kalapah, bilun, ketam, itit dan bunga tarum, salah satu yang paling terkenal dan kerap kita temukan adalah  tato dengan motif degug, motif tato degug adalah simbol identitas masyarakat Dayak iban, yang ada dileher depan. Bentuknya bulat  memanjang  dari leher kebawah hingga dibawah dagu ,

Kalapah  dan bilun adalah simbolisasi berbentuk manusia. Kalapah biasanya ditato di paha, sementara bilun di betis.

Ketam itit adalah gambaran kepiting yang sedang menjepit, umumnya berupa gambar kembar di punggung kiri dan kanan. Serupa dengan ketam itit, bunga terung juga merupakan gambar kembar di antara atas dada dan pundak kanan kiri.


Like it? Share with your friends!

0
16 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals