Destinasi Events

UPACARA HARI WAISAK 2018 BOROBUDUR

Hari Waisak merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, pada tahun ini detik detik hari waisak 2562 BE jatuh pada pukul 20.19 WIB tanggal 28 Juni 2018.

Ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 9 kali, disusul dengan acara pelepasan ribuan lampion  dari umat budha dan juga warga lain yang ikut berpartisipasi dalam semarak Waisak, yang unik di akhir acara para biksu juga melepaskan lampion dengan warna bendera Indonesia. Acara ini juga di hadiri menteri agama Lukman Hakim Sarifudin.

Perayaan Hari Waisak di Indonesia mengikuti keputusan WFB. Secara tradisional dipusatkan secara nasional di komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rangkaian perayaan Waisak nasional secara pokok adalah sebagai berikut. Pengambilan air berkat dari mata air (umbul) Jumprit di Kabupaten Temanggung dan penyalaan obor menggunakan sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan.

Ritual “Pindapatta”, suatu ritual pemberian dana makanan kepada para bhikkhu/bhiksu oleh masyarakat (umat) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan kebajikan. Samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama. Penentuan bulan purnama ini adalah berdasarkan perhitungan falak, sehingga puncak purnama dapat terjadi pada siang hari. Selain tiga upacara pokok tadi dilakukan pula pradaksina, pawai, serta acara kesenian.

Acara tersebut diawali dengan sebuah upacara untuk mendapatkan air suci dari mata air murni di Jumprit di Kecamatan Temanggung, pada tanggal 27 Mei 2018. Pada hari yang sama, ritual ini akan diikuti dengan menyalakan obor Waisak yang nyala apinya diambil dari api abadi di Mrapen, di desa Grobogan, di daerah Purwodadi, Jawa Tengah. Api dan air suci kemudian disimpan di Candi Mendut untuk diarak dan digunakan saat upacara di Borobudur pada perayaan hari Waisak yang sebenarnya.

Pada tanggal 27 Mei 2018, upacara tersebut akan dimulai dengan doa-doa di Candi Mendut, maka kerumunan peziarah akan berjalan bersama ke kuil Borobudur yang membawa api abadi, simbol air suci dan simbol Budha yang telah dijaga ketat di Candi Mendut, untuk menempatkannya di altar utama yang telah didirikan di sisi barat Candi Borobudur.

 

TEKS/FOTO OLEH @MN.IRFANFAIZ

#EITEAM

#EXPLOREINDONESIA

No Comments Found

Leave a Reply